ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Adinda Rizky Ega Firulla Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Wahyu Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Shopee

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian marketplace shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik kuasalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen tahun 2023. Dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 100 mahasiswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Sebelum melakukan uji regresi berganda data harus lolos uji prasayarat analisis (asumsi klasik). Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian marketplace Shopee, dengan besarnya pengaruh sebesar 30,8%. (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian marketplace Shopee, dengan besarnya pengaruh sebesar 38,4%. (3) Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian marketplace Shopee, dengan besarnya pengaruh sebesar 29,6%. (4) Kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian marketplace Shopee, dengan besarnya pengaruh sebesar 65%.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Firulla, A. R. E., Soeprajitno, E. D., & Widodo, M. W. (2023). ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 803–813. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3256