PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK DAN DUKUNGAN PARTNER TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MASA PANDEMI COVID 19

(Studi kasus UMKM makanan dan minuman di Kota Bekasi)

Authors

  • Imelda Aprileny STIE Indonesia Jakarta (STEI)
  • Alfi Syahra STIE Indonesia Jakarta (STEI)
  • Jayanti Apri Emarawati UPI YAI Jakarta

Keywords:

Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dukungan Partner, Keunggulan Bersaing

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan dukungan partner terhadap keunggulan bersaing pada UMKM makanan dan minuman di Kota Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha yang terdaftar Dinas Koperasi dan UMKM. Sampel ditentukan berdasarkan metode Nonprobability dengan menggunakan sampel jenuh, didapat jumlah responden sebanyak 75 responden sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang di analisis menggunakan SPSS (Software Product and Service Solution) Versi 24 dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji T, Uji F. Teknik pengumpulan data menggunakan metode menyebarkan kuesioner atau google form kepada konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, dukungan partner berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan dukungan partner berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keunggulan bersaing.

Downloads

Published

2022-07-23