PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CONTENT MARKETING, DAN LIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINTIFIC DI TIKTOK SHOP

Authors

  • Ulfa Nur Khamidah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Kusumaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dyah Ayu Paramitha Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/ccfphv46

Keywords:

Brand Ambassador, Content Marketing, Live Streaming, Minat Beli, TikTok Shop

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh brand ambassador, content marketing, dan live streaming terhadap minat beli produk skintific di TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sampel penelitian sebanyak 100 responden didapatkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 23. Temuan penelitian menyatakan bahwa brand ambassador tidak berpengaruh terhadap minat beli, sedangkan content marketing. dan live streaming berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara bersama ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada penggabungan ketiga variabel secara bersama dengan fokus penjualan produk skintific melalui TikTok Shop sebagai platfoarm penjualan digital yang baru dan semakin berkembang.

References

[1] Putri CAP, Subagyo, Widodo W. Pengaruh Live Streaming, online customer review dan cashback promotion terhadap minat beli produk pada fitur TikTok shop. Simp Manaj dan Bisnis 2023;2:189–98.

[2] Azizah L, Gunawan J, Sinansari P. Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. J Tek ITS 2021;10.

[3] Pratama A, Putra Y, Layla A, Hilwana Z, Al MF, Hafiz MZ, et al. Pengaruh Siaran Langsung Dan Konten Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital UPI Di TikTok Shop. J Ilm Mhs Ekon 2023;06:1–21.

[4] Tempo.co. Mengenal Skintific, Merek Skincare Kanada yang Sedang Naik Daun di Tanah Air 2023.

[5] Fitriani U, Samari, Sardanto R. PENGARUH PROMOSI, VISUAL MERCHANDISE, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TNACOLLECTION 2024;3:554–63.

[6] Afifah A, Damayanti S. Peran Rating Dan Review Terhadap Minat Beli Ayam Bakar Bu Emi Di Shopee Food. Pros Simp Nas Manaj dan Bisnis 2023;2:1145–53.

[7] Hendayana Y, Afifah N. Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. Kinerja J Ekon dan Bisnis 2021;3:32–46. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i1.1285.

[8] Pripinda AD, Paramitha DA. ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING, CONTENT MARKETING, AND SPONSORSHIP ON BRAND AWARENESS (STUDY IN NATIONAL EXPORT SCHOOL). Kilisuci Int Conf Econ Bus 2025;3.

[9] Suhyar SV, Pratminingsih SA. Skintific Skincare Products Pengaruh Live Streaming dan Trust terhadap Impulsive Buying dalam Pembelian Produk Skincare Skintific. Manag Stud Entrep J 2023;4:1427–38.

[10] Naeli D, Kusumaningtyas D. Kilisuci International Conference on Economic & Business Vol . 3 Year 2025 Live Streaming , Online Customer Review , Cashback Promotion on Product Purchase Interest on Shopee Features Kilisuci International Conference on Economic & Business Vol . 3 Year 2 2025;3:42–53.

[11] Fatila AN. Pengaruh Brand Ambassador, Social Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening (Studi Pada Mahasiswi di Kota Malang). Manajemen 2022;11:25.

[12] Wanda Aulya Dewi, Nur Laili Fikriah. Pengaruh Content Marketing, Live Streaming, and Online Customer Review terhadap Purchase Intention. Reslaj Relig Educ Soc Laa Roiba J 2024;6:3036–47. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.2059.

[13] Puspitasari AV, Bara Kusuma Y, Pembangunan U, Veteran N", Timur J. The Impact Of The Korean Wave, Live Streaming, And Flash Sale On Consumer Interest In Purchasing Scarlett Whitening Products (A Case Study Of Consumer Behavior Regarding Scarlett Whitening Products On Tiktok Social Media) Pengaruh Korean Wave, Live Streaming Dan Flash Sale Terhadap Minat Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Konsumen Produk Pemutih Scarlett Di Media Sosial Tiktok)id 2 *Corresponding Author. vol. 5. 2024.

[14] Maharani O et. al. PERAN BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN VIRAL MARKETING PADA MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SKINCARE SCARLETTWHITENING. JIMEA | J Ilm MEA (Manajemen, Ekon dan Akuntansi) 2024;8:2161–85.

[15] Tabelessy W. Minat Beli Konsumen Kedai Blue Shelter Dipengaruhi Oleh Content Marketing Dan Word of Mouth. EQUILIBIRIA J Fak Ekon 2022;9:179–86. https://doi.org/10.33373/jeq.v9i2.4524.

[16] Fitryani, Aditya Surya Nanda. Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Covid-19 Dalam Mendorong Minat Belanja Masyarakat Sidoarjo. Semin Nas Teknol dan Multidisiplin Ilmu 2021;1:70–9. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v1i1.86.

[17] Laraswati C, Harti H. Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Minat Pembelian Produk Somethinc. J Ekobis Ekon Bisnis Manaj 2022;12:185–96. https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.564.

[18] Prof.H.Imam Ghozali, M.Com, Ph.D C. APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics ». 2021.

[19] Wulandari Umi T, Farida E, Rahmawati. Pengaruh Brand Ambassador, Social Media Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Skincare Avoskin. e-Jurnal Ris Manaj 2023;12:1890–8.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Khamidah, U. N., Kusumaningtyas, D., & Paramitha, D. A. (2025). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CONTENT MARKETING, DAN LIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINTIFIC DI TIKTOK SHOP. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 438-445. https://doi.org/10.29407/ccfphv46

Similar Articles

1-10 of 257

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>