PENGARUH MARKETING MIX 4P (PRODUK, PRICE, PROMOTION, PLACE) TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK MENU DI UMKM COFFEE SHOP “WARUNG KOPI SAYA” KOTA KEDIRI

Authors

  • Dite Ari Budianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • M. Zuhdi Sasongko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/v3djk533

Keywords:

Marketing Mix, Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa persaingan UMKM  coffee shop saat ini sangat ketat yang berdampak pada aktivitas marketing. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penjualan, penilaian pengaruh dari minat beli konsumen perlu dilakukan untuk mengetahui besar laba yang akan didapatkan oleh para pelaku UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen pada UMKM Coffee Shop Warung Kopi Saya Kediri, dengan kriteria tertentu. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu propably-purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Adapun sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu data primer yang diperoleh dari kuisoner yang disebar kepada responden melalui google form, dan data skunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan internet, yang kemudian di analisis menggunakan bantunan program software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa marketing mix 4p (Product, Price, Promotion, Location) berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat beli. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai variabel produk 3,256 > 0,165 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,5, variabel harga 0,840 > 0,165 dengan nilai signifikan sebesar 0,402 > 0,5, variabel promosi 3,698 > 0,165 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,5, variabel lokasi 3,460 > 0,165 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,5.

References

[1] ALryalni, E., Zalnalrial, Y., & Kurnialwaln, AL. (2022). ALnallisis Perkembalngaln Coffee Shop Sebalgali Sallalh Saltu Peralnaln UMKM di Kotal Metro (Study Kalsus paldal Coffee Shop Jalnji Jiwal daln Coffee Et Bien). Jurnall ALkuntalnsi ALKTIVAL, 3(2), 139-145.

[2] Salri, E. Y., & Pralsojo, E. (2023). PENGALRUH BALURALN PEMALSALRALN 4P TERHALDALP KEPUTUSALN PEMBELIALN RUMALH (STUDI KALSUS KONSUMEN TJOKRO BOULEVALRD BALNTUL). Journall Competency of Business, 7(01), 157-180.

[3] Silalningsih, E., & Utalmi, P. (2018). Pengalruh malrketing mix terhaldalp minalt beli konsumen paldal usalhal Mikro Kecil daln Menengalh (UMKM) Produk Olalhaln Malkalnaln Ringaln. Jurnall Sosiall Humalnioral, 9(2), 144-158.

[4] Helmi, M. S. (2016). Falktor-falktor yalng mempengalruhi minalt beli konsumen paldal cv malster palsir pengalralialn kalbupalten rokaln hulu (Doctorall dissertaltion, Universitals Palsir Pengalralialn).

[5] Purnomo, E. (2017). Pengalruh Halrgal, Kuallitals Produk daln Lokalsi Terhaldalp Minalt Beli Konsumen Dallalm Membeli Berals Lokall (Studi Kalsus Desal Ralmbalh Utalmal). Jurnall Malhalsiswal Prodi Malnaljemen Falkultals Ekonomi, 4(1).

[6] Budihalrjal, R. G. E. (2016). Pengalruh Kuallitals Produk, Halrgal, Promosi Daln Bralnd Imalge Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Produk ALqual Di Kotal Palti. Jurnall STIE Semalralng, 8(2), 133954.

[7] Purbohalstuti, AL. W. (2021). The malrketing mix effectiveness on indomalret's consumer purchalse decision. Salins Malnaljemen: Jurnall Malnaljemen Unseral, 7(1), 1-17.

[8] Nurfaluzi, Y., Talime, H., Halnalfialh, H., Yusuf, M., & ALsir, M. (2023). Literalture Review: ALnallisis Falktor yalng Mempengalruhi Keputusaln Pembelialn, Kuallitals Produk daln Halrgal Kompetitif. Malnalgement Studies alnd Entrepreneurship Journall (MSEJ), 4(1), 183-188.

[9] Siregalr, AL. P., Talnnaldy, H., Jusmaln, I. AL., Calkralnegalral, P. AL., & ALrifin, M. S. (2022). Peraln Halrgal Produk Daln Bralnd Imalge Terhaldalp Purchalse Decision Produk Cold Pressed Juice Re. Juve. Malnalgement Studies alnd Entrepreneurship Journall (MSEJ), 3(5), 2657-2665.

[10] Susalnti, F., & Gunalwaln, AL. C. (2019). Pengalruh baluraln promosi daln halrgal terhaldalp keputusaln pembelialn produk kosmetik Malybelline di kotal Paldalng.

[11] Malhmudalh, I. S., & Tialralwalti, M. (2014). Pengalruh Kuallitals Produk, Citral Merek, daln Halrgal terhaldalp Keputusaln Pembelialn Ponds Flalwless White. BISMAL (Bisnis daln Malnaljemen), 6(2), 98-105.

[12] Hutalpeal, R. C. D. (2020). Pengalruh Malrketing Mix terhaldalp Minalt Beli Konsumen paldal PT Calpellal Dinalmik Nusalntalral Kotal Baltalm (Doctorall dissertaltion, Prodi Malnaljemen).

[13] Pralyogal, H. K. (2018). Pengalruh Lokalsi Daln Kuallitals Produk Terhaldalp Proses Keputusaln Pembelialn Konsumen Paldal Xpose Jersey Balndung (Doctorall dissertaltion, Universitals Widyaltalmal).

[14] Halndalyalni, S., & ALntono, M. W. (2018). Hubungaln Lokalsi Daln Promosi Dengaln Keputusaln Pembelialn Rumalh Subsidi Paldal Pt. Gralhal Estetikal Property Bengkulu. Malnalgalment Insight: Jurnall Ilmialh Malnaljemen, 13(2), 50-66.

[15] Seraln, R. B., Sundalri, E., & Faldhilal, M. (2023). Straltegi Pemalsalraln yalng Unik: Mengoptimallkaln Krealtivitals dallalm Menalrik Perhaltialn Konsumen. Jurnall Mirali Malnalgement, 8(1), 206-211.

[16] Purnomo, E. (2017). Pengalruh Halrgal, Kuallitals Produk daln Lokalsi Terhaldalp Minalt Beli Konsumen Dallalm Membeli Berals Lokall (Studi Kalsus Desal Ralmbalh Utalmal). Jurnall Malhalsiswal Prodi Malnaljemen Falkultals Ekonomi, 4(1).

[17] Falthalnul, V. (2022). Pengalruh Straltegi Baluraln Pemalsalraln Terhaldalp Keputusaln Pembelialn BTS Meall McDonalld's.(Studi Kalsus Di Wilalyalh Calkung Jalkalrtal Timur) (Doctorall dissertaltion, Sekolalh Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesial Jalkalrtal).

[18] RALP, M., & Irialni, S. S. (2014). ALnallisis Pengalruh Kuallitals Produk, Halrgal, Daln Promosi Terhaldalp Minalt Beli Konsumen Produk Baltik Sendalng Duwur Lalmongaln. Diponegoro Journall Of Malnalgement.

[19] Sulistiyowalti, R. (2023). Pengalruh Risiko Bisnis, Profitalbilitals, Likuiditals, Ukuraln Perusalhalaln, Pertumbuhaln Penjuallaln Terhaldalp Struktur Modall (Studi Empiris Paldal Perusalhalaln Malnufalktur Sub Sektor Industri Dalsalr daln Balhaln Kimial Yalng Terdalftalr di Bursal Efek Indonesial Paldal Talhun 2017.

[20] Moto, M. M. (2019). Pengalruh penggunalaln medial pembelaljalraln dallalm dunial pendidikaln. Indonesialn Journall of Primalry Educaltion, 3(1), 20-28.

[21] Indrialni, D., Rusmiwalri, S., & Suprojo, AL. (2017). Pengalruh pelalyalnaln publik terhaldalp kepualsaln malsyalralkalt: studi kalsus izin produksi palngaln industri rumalh talnggal di kalntor baldaln penalnalmaln modall kotal baltu. Jurnall Ilmu Sosiall Daln Ilmu Politik Universitals Tribhuwalnal Tunggaldewi, 6(2), 137188.

[22] Ndruru, P. H., Zebual, S., & Balwalmenewi, AL. (2022). ALnallisis Penggunalaln Modall Kerjal Untuk Meningkaltkaln Profitalbilitals KSP 3 Calbalng Hililalzal. Jurnall ALkuntalnsi, Malnaljemen Daln Ekonomi, 1(2), 261-267.

[23] Walruwu, AL. I. (2024). Pengalruh Disiplin Daln Motivalsi Kerjal Terhaldalp Kinerjal ALpalraltur Desal Di Kecalmaltaln Hurunal Kalbupalten Nials Selaltaln. Jurnall Ilmialh Malhalsiswal Nials Selaltaln, 7(2), 17-30.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Budianto, D. A., Samari, & Sasongko, M. Z. (2025). PENGARUH MARKETING MIX 4P (PRODUK, PRICE, PROMOTION, PLACE) TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK MENU DI UMKM COFFEE SHOP “WARUNG KOPI SAYA” KOTA KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1224-1230. https://doi.org/10.29407/v3djk533

Similar Articles

1-10 of 388

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>