PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH PADA MAHASISWA UNP KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.29407/0az7n479Keywords:
brand image, kualitas produk, Harga, keputusan pembelian, wardahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner tertutup berbentuk skala Likert yang disebarkan secara online menggunakan Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah membeli atau menggunakan produk Wardah, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, variabel brand image, kualitas produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik persepsi konsumen terhadap citra merek, kualitas produk, dan keterjangkauan harga, maka semakin besar kemungkinan mereka memutuskan untuk membeli produk Wardah. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada fokusnya terhadap konsumen mahasiswa, yang memiliki karakteristik perilaku dan preferensi yang berbeda dibandingkan dengan konsumen umum. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku industri kosmetik, khususnya Wardah, dalam merancang strategi pemasaran yang efektif berbasis preferensi mahasiswa.
References
[1] Hestiningrum, P. (2021) ‘PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN PRESEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI TOKO HIDUP SUKOREJO KENDAL SKRIPSI’.
[2] Agustin, E. (2018) ‘PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH (LIPSTICK) PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG’, Nucleic Acids Research, 6(1), pp. 1–7. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159.
[3] Novaldy, B. and Widodo, M.W. (2024) ‘Analisis wom, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada toko rendy’, pp. 101–110.
[4] Rahmawaty, P. (2022). Pengaruh Brand Image. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti, 8.5.2017, 2003–2005.
[5] Pangestu, Y.V.A., Kusmaningtyas, D. and Widodo, M.W. (2024) ‘DAMPAK KUALITAS PRODUK , HARGA DAN KOL REVIEW TERHADAP’, 3, pp. 410–419.
[6] Edyuana, F., Samari, & Kurniawan, R. (2024). Analisis produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian di alodie caffe kediri. SIMANIS Simposium Manajemen Dan Bisnis III Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri, 3, 664–673.
[7] Jevri Fahriszal, Samari, R.S. (2023) ‘Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk’, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), pp. 1573–1582.
[8] Nurrahma, A., Samari and Sardanto, R. (2023) ‘Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada cv nagha asmara’, Simposium Manajemen dan Bisnis II, 2(E-ISSN: 2962-2050), pp. 151–159.
[9] Hidayati, L.F. (2023) ‘Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Presepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah’, Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), pp. 335–349.
[10] Putri, E. F. D. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(3), 178–187. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i3.875
[11] Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118. https://doi.org/10.47065/imj.v2i3.200
[12] Rissa, M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 2021.
[13] Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447
[14] Septiayu, I. (2023). Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Rabbani ( Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Nurul Islam Jember ) Skripsi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Rabbani ( Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Nurul Islam Jember ).
[15] Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Dwi Fitaningsih, Moch. Wahyu Widodo, Samari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
