PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WARUNG LOMBOK IDJO KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.29407/hnef7t17Keywords:
Kualitas produk, Brand Image, Kualitas Layanan, Keputusan pembelian, Kuliner lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh kualitas produk, citra merek (brand image), dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Warung Sambel Idjo di Kota Kediri, yang sebelumnya dikenal sebagai Warung Lombok Idjo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kontribusi signifikan sektor kuliner terhadap perekonomian lokal dan pentingnya pemahaman perilaku konsumen dalam mempertahankan daya saing usaha. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis regresi linier berganda, sebanyak 150 responden dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen—kualitas produk (β=0,485; p=0,000), brand image (β=0,320; p=0,002), dan kualitas layanan (β=0,275; p=0,005)—berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel tersebut menjelaskan 65,2% variasi keputusan pembelian (R²=0,652). Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada integrasi ketiga variabel tersebut secara komprehensif dalam konteks usaha kuliner lokal pasca-rebranding merek, serta dalam upaya menjembatani ketidakkonsistenan temuan pada studi sebelumnya yang menunjukkan hasil beragam tergantung pada sektor dan wilayah penelitian. Temuan ini tidak hanya memperkaya literatur perilaku konsumen pada sektor kuliner lokal di kota non-metropolitan, tetapi juga memberikan dasar strategi pemasaran yang berbasis pada kualitas produk sebagai faktor dominan dalam menciptakan keputusan pembelian yang berkelanjutan.
References
[1] Novesar, Muhammad Refki FSAH. Peranan Masayarakat Dalam Pengembangan Wisata Kuliner Sumataera Barat. Aurelia J Penelit Dan Pengabdi Masy Indones 2024;3:1149–55.
[2] Adelin Tiara, Edy Djoko Soeprajitno RK. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Simp Manaj Dan Bisnis III Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2024;3:1229–36.
[3] Manajemen S, Jovanna DM, Hakimah EN. Prodi Manajemen FEB UNP Kediri Tahun 2022 TERHADAP BRAND LOYALTY PADA FINTECH GOPAY ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri ). Simp Manaj Dan Bisnis I Prodi Manaj FEB UNP Kediri Tahun 2022 2022:852–6.
[4] Alfan Ali Mudin SD. Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian pada toko emas cahaya baru pagu. Simp Manaj Dan Bisnis II Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2023;2:250–8.
[5] Amellia Dwi Septiyani DKHS. Analisis harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan tribe kopi kediri. Simp Manaj Dan Bisnis III Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2024;3:564–74.
[6] Kusumaningtyas, D., & Paramitha DA. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen. J Ekon Dan Manaj Bisnis 2022.
[7] Puspaningrum, Rika AN. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BATIK DANII GAYA COLLECTION. Anal Kompensasi Dan Knowl Manag Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motiv Sebagai Var Interv Mitra Pratama Mobilindo Yogyakarta 2022;5:180–8.
[8] Gunawan, Priscillia Angela YSK. Pengaruh Brand Image Dan Nutrition Label Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo: Efek Moderasi Orientasi Makanan Sehat. J Manaj Pemasar 2022;16:48–56. https://doi.org/doi: 10.9744/pemasaran.16.1.48-56.
[9] Arham, Qumil Laila, Rahmad Saputra FPD. Literature Review: Pengaruh Brand Image Terhadap Produk Kuliner Rendang Di Sumatera Barat. J Food Culin 2022;5:49–57. https://doi.org/doi: 10.12928/jfc.v5i2.6584.
[10] Dewi AG. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Sabana Desa Waru Induk Di Perumahan Grand Parung, Kabupaten Bogor) Anteng. Humanit Manag Sci Proceeding 2021;1:173–89.
[11] Kelvinia, Kelvinia, M. Umar Maya Putra NE. Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. J Wira Ekon Mikroskil 2021;11:85–98. https://doi.org/doi: 10.55601/jwem.v11i2.795.
[12] Tjiptono F. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi; 2015.
[13] Gunawan, I., & Kunto A. Brand Image dan Loyalitas Konsumen. J Pemasar Indones 2022.
[14] Dewi S. Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan. J Manaj Pelayanan 2021.
[15] Cahyani, Nur Lia WH. Pengaruh Kualitas Produk Makanan, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rm. Rindang 84 (Studi Pada Konsumen Rm. Rindang 84 Cabang Pati). J Ilmu Adm Bisnis 2020;9:329–34. https://doi.org/doi: 10.14710/jiab.2020.28102.
[16] Fatmaningrum, R. S. and et al. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. J Ilm Manaj Ekon Dan Akunt 2020;4:1–13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdur Rohman Abadi, Dian Kusumaningtyas, Dyah Ayu Paramitha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
