PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.29407/8g7n5c04Keywords:
brand image , kualitas produk, harga produk, e commerce, shopee, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa brand terkadang terkesan asal – asalan dalam memasarkan produknya sehingga berdampak negatif pada citra brand tersebut. Ketidakmampuan konsumen dalam memilih produk secara langsung juga menimbulkan kebingungan konsumen. Dalam menentukan harga pasar, tak jarang ditemui beberapa brand melakukan banting harga tidak masuk akal untuk meningkatkan penjualan, hal ini berdampak pada stabilitas harga jual pasar pada E – Commerce Shopee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian di E – Commerce Shopee baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel 153 responden dan dianalisis menggunakan software SPSS. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) brand image dan harga produk secara parsial tidak berengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di E – Commerce Shopee, sedangkan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (2) brand image, kualitas produk, harga produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pemebelian di E – Commerce Shopee
References
[1] Ekuitas, S., Nababan, A., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. 5(1), 195–204. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i1.3770
[2] Fitriandani, Intan. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Wilayah Surakarta. Jurnal Wiranomika, 2024, 3.1.
[3] Hermansyah, Tedi; Kamanda, Shandrya Victor; Qolbi, Nurul. Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Ditinjau dari Pengaruh Faktor Sales Promotion, Brand image dan Price. Jurnal Al-Amal, 2022, 1.1: 19-25.
[4] Kamelia, A. S. R. M. A. P. S. N. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(3), 259–269.
[5] Maryati, M. K. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKO ONLINE TIME UNIVERSE STUDIO. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 11 No. 1 Juli 2022, 11(1).
[6] Nasution, Siti Lam'ah; Limbong, Christine Herawati; Ramadhan, Denny Ammari. Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 2020, 7.1: 43-53.
[7] Nababan, Apriati; Saputra, Asron. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 2023, 5.1: 195-204.
[8] Nisa, F. K., Viratama, A. B., Hidayanti, N., & Tidar, U. (2020). Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online ( Analisis pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar ). 4(2), 146–159.
[9] Romadon, Ahmad Sahri; Pramusinto, Meirisa Andini; Kamelia, Salwa Nur. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. Solusi, 2023, 21.3: 672-682.
[10] Sari, D. P. (2021). PEMBELIAN , KUALITAS PRODUK , HARGA KOMPETITIF , LOKASI ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 2(4), 524–533.
[11] Satdiah, A., Ekonomi, F., Bina, U., & Informatika, S. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De ’ lucent Paint. 2(1), 24–38.
[12] Stiawan, E., & Ariska, Y. I. (2024). The Effect Of Brand image , Digital Marketing , Product Quality And Price On Purchasing Decisions Of Indomie Products Pengaruh Brand image , Digital Marketing , Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. 4(1), 41–50.
[13] Yuliani, Eva. Pengaruh Brand Ambassador Idol K-Pop, Brand image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada E-Commerce Shopee 2018-2022). 2024. Phd Thesis. Universitas Pelita Bangsa
[14] Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-commerce Shopee di Lingkungan RT08 / RW10 Sriamur Bekasi. 6(2), 324–333.
[15] WibowoI. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Artikel 2020;8:10-20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhea Keniza Putri, Restin Meilina, Dodi Kusuma Hadi Soedjoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
