PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EAT SAMBEL
DOI:
https://doi.org/10.29407/y3ctpj23Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, Eat SambelAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga, dalam Keputusan Pembelian Eat Sambel. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan analisis statistik SPSS. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah 35 responden melalui kuesioner dan observasi selama tiga bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Eat Sambel, sedangkan kualitas produk tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Kesimpulanya Eat Sambel bisa memperbaiki dan terus meningkatkan efektivitas promosi melalui media sosial dan influencer yang relevan dengan target pasar, serta mempertahankan harga yang kompetitif sesuai persepsi nilai konsumen. Meskipun kualitas tidak berpengaruh signifikan secara parsial, perusahaan tetap harus menjaga standar kualitas agar loyalitas konsumen tetap terjaga dan mendukung promosi dari mulut ke mulut.
References
[1] Hidayat AR, Checilia Sihotang I, Wati H, Fitri Aini Hasibuan L, Hasian Siregar B, Hamonangan Pane I, et al. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sambal Teri Bajak Medan. Innov J Soc Sci Res 2024;4:7034–43.
[2] Ifanisari DP, Muslih B. Peran Social Media Marketing, Brand Image, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tell Kopi Kediri. Pros Simp Nas Manaj dan Bisnis 2024;3:594–604.
[3] Aldyawan A, Soedjoko DKH. Analisis Hubungan Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Depot Tommy Kediri. Pros. Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akunt., vol. 6, 2021, hal. 786–94.
[4] Prakoso MFA, Hakimah EN, Sardanto R. Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kedai Kopi Kembang Sore Di Pujon Malang. Pros. Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akunt., vol. 6, 2021, hal. 1021–7.
[5] Dandi A, Meilina R, Bhirawa SWS. Pengaruh Lokasi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Adin FE Kediri. Pros. Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akunt., vol. 9, 2024, hal. 565–74.
[6] Siwu RM, Tampi JR., Punuindoong AY. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bentenan Center Sonder Minahasa. Productivity 2022;3:514–9.
[7] Reta TA, Leksono PY. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Lemonilo. Pros Simp Nas Manaj dan Bisnis 2022;1:437–43.
[8] Sugiyono S. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung Cv Alf 2019.
[9] Sugiyono PD. Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV Alf Bandung 2017;225:48–61.
[10] Armstrong G, Adam S, Denize S, Kotler P. Principles of marketing Edition 2018.
[11] Aaker DA. Managing brand equity. simon and schuster; 2009.
[12] Kotler K, Keller KL. Marketing Management, 14th, Person Education. Philip Kotler DanKevin LaneKeller 2012.
[13] Tanjung JR, Rahman S. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Indihome Pt. Telkom Indonesia Pekanbaru. J BANSI-Jurnal Bisnis Manaj Akutansi 2023;3:27–45.
[14] Hilmawan I. Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening. Rekam Ris Ekon Bid Akunt dan Manaj 2019;3:154–66.
[15] Maiza F, Sutardjo A, Hadya R. Pengaruh kualitas dan harga produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Nazurah Hijab di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. J Matua 2022;4:375–86.
[16] Kotler P, Keller KL. Marketing Management. Pearson; 2016.
[17] Alamsyah ABDR, Hasan G. Penerapan Strategi Digital Marketing dan Promotion Mix pada UMKM Berry Catszone Batam. J Pengabdi Masy Akad 2022;1:39–46.
[18] Tovarel MJR, Wahidah NN, Hidayatullah W, Malik A. Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Ladyfame Shop Di Bandar Lampung. Al-A’mal J Manaj Bisnis Syariah 2024;1:122–32.
[19] Rachmad YE, Erwin E, Hamid RS, Suarniki NN, Ardyan E, Syamil A, et al. PSIKOLOGI PEMASARAN SOCIETY 5.0: Strategi Penjualan Maksimal Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia; 2023.
[20] Rahayu S, Syafe’i D. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya (Jurnal Ekon dan Ekon Syariah) 2022;5:2107–92.
[21] Ani J, Lumanauw B, Tampenawas J. Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di kota Manado. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt 2022;10:663–74.
[22] Siatama A, Sinaga HDE, Akbar MA. Pengaruh Harga, Promosi Dan Marketplace Terhadap Keputusan Pembelian Pt Calispo Multi Utama Medan. J Sci Soc Res 2023;6:381–7.
[23] Maulana MIN. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. Performa 2020;5:512–21.
[24] Zeithaml VA. Consumer perceptions of price, quality, and value: a means-end model and synthesis of evidence. J Mark 1988;52:2–22.
[25] Zeithaml VA, Berry LL, Parasuraman A. The behavioral consequences of service quality. J Mark 1996;60:31–46.
[26] Rahayu Banurea S, Riofita H, Com H. ANALISIS PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAPKEPUASAN KONSUMEN. 2024.
[27] Veranika H, Miladiah NS, Yulyanti A, Meliyawati W, Ipan I, Alam S. Peran Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Buku" Menjadi Manusia Berkarakter. J Ilm Manaj dan Akunt 2025;2:109–15.
[28] Gunarsih CM, Kalangi JAF, Tamengkel LF. Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity 2021;2:69–72.
[29] Warningrum SL. Pengaruh promosi produk dan harga terhadap keputusan pembelian skincare Skintific pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. J Ris Manaj 2023;1:13–21.
[30] Sulaj K, Pfoertsch W. Introducing 5es marketing-mix: A new framework for effective marketing in the digital age. Acad Strateg Manag J 2024;23:1–15.
[31] Duncan T, Moriarty SE. A communication-based marketing model for managing relationships. J Mark 1998;62:1–13.
[32] Hulima JSP, Soepono D, Tielung MVJ. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wardah Di Kota Manado. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis Dan Akunt 2021;9.
[33] Fairliantina NIRE. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee: Kualitas Produk, Promosi, Persepsi Harga, dan Keputusan Pembelian. J Ecoment Glob 2023;8:18–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muwazirullah Iskandar Al Arif, Restin Meilina, Dodi Kusuma Hadi Soedjoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
