PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN HIAS DI GUBUK AQUATIC KERTOSONO
DOI:
https://doi.org/10.29407/n8cenr58Keywords:
kualitas produk, harga, Word of Mouth (WOM), keputusan pembelian, ikan hiasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas produk, harga, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen ikan hias di Gubuk Aquatic Kertosono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 40 responden yang telah melakukan pembelian ikan hias dalam enam bulan terakhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kualitas produk dan word of mouth tidak berpengaruh secara signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam konteks UMKM ikan hias, strategi penetapan harga yang kompetitif memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perilaku pembelian konsumen dibandingkan dengan kualitas produk dan promosi dari mulut ke mulut. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar pelaku usaha lebih mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis harga, serta tetap memperhatikan persepsi terhadap kualitas produk dan memperkuat peran word of mouth sebagai elemen pendukung dalam mendorong keputusan pembelian.
References
[1] Sudiyono, Kurniawati M, Indah R. Manajemen Pemasaran Usaha Wisata. Malang: Universitas PGRI Kanjuruhan Malang; 2018.
[2] Damayanti D, Yunita F, Beta A, Muhammad A, Syeh A, Muhammad R, et al. KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERILAKU KONSUMEN. Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha; 2023. https://doi.org/http://eprint.stieww.ac.id/2354/1/Keputusan%20Pembelian%20dalam%20Perilaku%20Konsumen.pdf.
[3] Wulandari A, Mulyanto H. KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Bekasi, Jawa Barat: PT Kimshafi Alung Cipta dan Penulis; 2024.
[4] Kurniawan D, Tukidi. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Hias Air Tawar Pada Toko Rahmat Akuarium, Pondok Aren Tangerang Selatan. J Manaj 2020;4:37–50. https://doi.org/10.54964/manajemen.v4i2.140.
[5] Rentanubun KV. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hotel. Performa 2023;8:260–8. https://doi.org/10.37715/jp.v8i3.2969.
[6] Studi P, Feb M, Kediri UNP, Produk PK, Pelayanan K, Harga DAN, et al. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen 1),2),3) 2024;3:1229–36.
[7] Studi P, Feb M, Kediri UNP, Pengaruh A, Merek C, Produk TK. Analisis pengaruh citra merek, tingkat kualitas produk, dan kebijakan harga terhadap keputusan pembelian produk pada umkm niky coklat 1),2) 2023;2:693–701.
[8] Anjasmoro M, Hadi M, Maskan M, Putra IL, Maulana N, Malang PN, et al. KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA IKAN HIAS PREDATOR DI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA IKAN HIAS PREDATOR DI 2024;2.
[9] Syahroq KF, Purnomo H, Soejoko DKH. Analisis Dukungan Selebriti, Gambaran Merek, Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Konsumen Produk Busana 3second. Semin Nas Manajemen, Ekon Akunt 2021;6 (1):325–31.
[10] Atina, Hakimah E, Rony K. Analisis kualitas produk, harga, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian skincare ms glow. … Dan Bisnis (Simanis … 2022:543–51.
[11] Angga Reta T, Yudho Leksono P. Simposium Manajemen dan Bisnis I Prodi Manajemen FEB UNP Kediri Tahun 2022 PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK LEMONILO. Simp Manaj dan Bisnis I Prodi Manaj FEB UNP Kediri 2022:437–43.
[12] Grace M, Syarief A, Erlangga H, Nurjaya, Sunarsi D. STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Banten: Pascal Books; 2022.
[13] Khairunnisa MG, Zunaida D, Hardati RN, Studi P, Bisnis A, Administrasi FI, et al. Vol . 12 , No . 1 , Maret 2023 , hal 117-124 Muthia , Daris , Ratna – Pengaruh Word of Mouth … | 118 2023;12:117–24.
[14] Amalia et al. 2022. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Pada Remaja. J Ilmu Manaj 2022;10:1227–36.
[15] Nurriqli A, Efendi B, Arief I, Purnomo H, Rokhmawati D. The Role Of WOM And Price Perception In Herbalife Product Purchasing Decisions Peran WOM Dan Persepsi Harga Dalam Keputusan Pembelian Produk Herbalife 2024;5:5754–61.
[16] Ghozali. Ghozali-2018_Compress.Pdf 2018:490.
[17] Kurniawan G. Peran Word of Mouth, Kepercayaan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik pada Pengrajin Kampoeng Batik Jatis-Sidoarjo. 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riko Ahmad Ferdiasyah, Edy Djoko Soeprajitno, Rino Sardanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
