PENGARUH CITA RASA, KUALITAS PELAYANAN, DAN WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBLAK NYONYOR NGANJUK

Authors

  • Armanda Lucky Puspitasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poniran Yudho Leksono Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/0rtfnv35

Keywords:

Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, WOM, Keputusan Pembelian, Seblak Nyonyor

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pemasaran dalam mendorong keputusan pembelian ditengah persaingan industri kuliner lokal. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dan menguji pengaruh cita rasa, kualitas pelayanan, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian Seblak Nyonyor Nganjuk. Metode yang dipakai ialah pendekatan kuantitatif melalui metode asosiatif dengan teknik purposive sampling dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 40 responden yang pernah membeli Seblak Nyonyor lebih dari satu kali. Analisis dijalankan dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Dari hasil penelitian menunjukkan cita rasa dan word of mouth secara parsial berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas pelayanan secara parsial berdampak negatif dan signifikan pada keputusan pembelian. Selain itu, ketiga variabel tersebut secara simultan berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kebaruan penelitian berikut terletak pada pendekatannya yang mengintegrasikan ketiga variabel ke dalam satu model analisis secara bersamaan.

References

[1] Licorice. Indonesian Taste: the Spicier, the Better! Licorice 2020.

[2] Kusmaningrum A, Ratnanto S, Hakimah EN. Analisis Peran Branding, Service Quality dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada UD. Seblak Goyang Lidah. SIMANIS 2024;3:978–88.

[3] Rahayu TP, Subagyo, Widodo MW. Pengaruh Aksesibilitas dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Dengan Jaminan Rasa Aman Sebagai Variabel Intervening. Pros Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akunt 2022;7:727–35.

[4] Reta TA, Leksono PY. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Lemonilo. Pros Simp Nas Manaj dan Bisnis 2022;1:437–43.

[5] Marlius D, Mutiara. Pengaruh Merek, Harga, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan ). J Econ 2022;1. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.169.

[6] Hidayat T. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. J Ilmu Manaj 2020;17:95–105. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34783.

[7] Jannah C, Alhazami L. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Cv. Sumber Garuda Mas. J Ris Rumpun Ilmu Ekon 2022;1:029–45. https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i2.361.

[8] Ibadurrahman I, Hafid A. Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ringan Di Keluarahan Sudian Raya Kota Makassar. JUEB J Ekon dan Bisnis 2022;1:1–9. https://doi.org/10.55784/jueb.v1i2.91.

[9] Shalsabilla M, Jumawan, Aulia ADN, Putri AD, Utami AD, Hadita. Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Bakso “Pak De Kembar” di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. IJM Indones … 2023;1:1851–9.

[10] Diosani I, Pramutoko B, Evasari AD. Pengaruh Cita Rasa, Suasana, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Marwah Tirta & Resto 3 Kabupaten Kediri. Triwikrama J Ilmu Sos 2023;01:120–30. https://doi.org/https://doi.org/10.6578/tjis.v1i9.349.

[11] Nurhalimah F, Sumantri BA, Leksono PY. Peran Penetapan Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi 66 Selopanggung Kediri. Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akuntasi Fak Ekon dan Bisnis UNP Kediri 2024;9:352–62.

[12] Ani J, Lumanauw B, Tampenawas JLA, Merek PC, Dan P, Layanan K, et al. Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia di Kota Manado. J EMBA 2021;9:663–74. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38284.

[13] Kelvinia, Putra MUM, Efendi N. Pengaruh Lokasi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alat Kesehatan Pada PT Alexa Medika. J Wira Ekon Mikroskil JWEM 2021;11:85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795.

[14] Mutaqin MR, Malik M, Rohandi A, Ayu S, Mahani E. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Transportasi Online Indrive di Bandung. J Ris Manaj dan Bisnis 2023:69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2824.

[15] Baihaky S, Yogatama AN, Mustikowati RI. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. J Ilmu Sos 2022;2:85–104.

[16] Amin AM, Jonathan S. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Word Of Mouth, dan Tenaga Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Belting Merek Bando di UD. Jaya Bersama. J Inov Bisnis dan Akunt 2021;2:117–27. https://doi.org/https://doi.org/10.55583/invest.v2i2.170.

[17] Cahyani PD, Utami N, Lestari SB. Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta). J Valuasi J Ilm Ilmu Manaj dan Kewirausahaan 2022;2:851–66. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.114.

[18] Rahayu D sri, Subagyo, Widodo M wah. Peran Cita Rasa, Variasi Produk, dan Word of Mouth Dalam Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Seblak Goyang Lidah Nganjuk) 2024;3:1172–80. https://doi.org/10.29407drcw2708.

[19] Dwiyanti AY, Arifiansyah R. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Coffe Shop Sudut Timur. J Valuasi J Ilm Ilmu Manaj dan Kewirausahaan 2023;3:605–16. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/vls.v3i2.209.

[20] Hendry H, Januardin J, Saragih RB. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Blibli.Com (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia). J Manag Stud Entrep 2024;5:5670–9. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v5i6.6697.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Puspitasari, A. L., & Leksono, P. Y. (2025). PENGARUH CITA RASA, KUALITAS PELAYANAN, DAN WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBLAK NYONYOR NGANJUK. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1344-1354. https://doi.org/10.29407/0rtfnv35

Similar Articles

1-10 of 345

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>