PERAN KAIZEN 5R DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS KEDIRI
Keywords:
Kaizen 5R, Kinerja Karyawan, Kantor Pos KediriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami peran kaizen 5R dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT POS INDONESIA (Persero) Kantor Pos Kediri. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap karyawan serta manajemen Kantor Pos Kediri yang didukung dengan analisis data yang dilakukan menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian ini diharapkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana penerapan kaizen 5R dapat meningkatkan kinerja karyawan, serta rekomendasi untuk meningkatkan praktik-praktik tersebut guna mencapai efisiensi operasional dan produktivitas yang lebih tinggi. Dan budaya kaizen 5R telah berhasil diterapkan secara luas di Kantor Pos Kediri. Implementasi ini meliputi pengaturan barang, menjaga kebersihan, merawat peralatan, dan meningkatkan disiplin waktu. Para karyawan melaporkan adanya perbaikan dalam tata letak dan kebersihan tempat kerja, serta peningkatan keterlibatan tim dalam praktik ini. Namun, tantangan yang dihadapi termasuk kurangnya komitmen universal terhadap konsep kaizen 5R, yang menunjukkan perlunya lebih banyak sosialisasi di Kantor Pos Kediri.