ANALISIS PROGRAM FLASHSALE, CASHBACK PROMOTION, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERE SHOPEE

Authors

  • Wulan Dewi Arnanda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poniran Yudho Leksono Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Flash Sale, Cashback Promotion, Online Customer Review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian pada e-commerce Shopee yang dikaji dalam flash sale, cashback promotion dan online customer review .Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik asosiatif kausalitas. Dalam penelitian populasi nya yaitu seluruh konsumen pengguna shopee di Kabupaten Kediri. Peneliti menentukan jumlah sampel yaitu sebanyak 70 dengan menggunakan teknik random sampling. Menggunakan kuesioner sebagai bahan uji yang kemudian diuji pada validitas dan realibilitas. Dan didapatkan hasil yaitu variabel flash sale dan cashback promotion berpengaruh signifikan sedangkan untuk variabel online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam hal ini saran untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menjangkau lebih luas lagi mengenai variabel dari penelitian ini, dikarenakan sudah terbukti bahwa variabel flash sale, cashback promotion dan online customer review memiliki dampak yang besar terhadap keputusan pembelian. Kebaruan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu ada pada variabel online customer review yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2024-08-11

How to Cite

Arnanda, W. D., & Leksono, P. Y. . (2024). ANALISIS PROGRAM FLASHSALE, CASHBACK PROMOTION, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERE SHOPEE. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 674–684. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/4728