PENGARUH SALES PROMOTION, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE DI JOMBANG)

Authors

  • Hilda Nur Adela Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rony Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Sales Promotion, Online Customer Review, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak Sales Promotion, Online Customer Review, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian di platform Marketplace Shopee, dengan menitikberatkan pada konsumen Shopee di Jombang. Sampel sebanyak 96 responden dipilih menggunakan teknik non-probability sampling, khususnya purposive sampling dengan adopsi rumus unknown population. Metode analisis yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, serta asumsi klasik, disertai dengan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS 29, ditemukan bahwa Sales Promotion memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap Keputusan Pembelian (p <0,001), diikuti oleh Online Customer Review (p = 0,007) dan Persepsi Harga (p = 0,027). Pengaruh secara simultan juga terbukti signifikan (p = 0,001). Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen di platform Shopee, memberikan kontribusi penting bagi pemahaman praktis dan akademis dalam domain pemasaran online.

Downloads

Published

2024-08-25

How to Cite

Adela, H. N., Samari, & Kurniawan, R. (2024). PENGARUH SALES PROMOTION, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE DI JOMBANG). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 1355–1364. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/4649