PENGARUH HARGA, CONTENT MARKETING, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA BY ZAHRA MAKE UP
DOI:
https://doi.org/10.29407/0cxyy789Keywords:
Harga, Content Marketing, Online Customer Review, Keputusan Pembelian, Jasa Make Up ArtistAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, content marketing, dan online customer review terhadap keputusan pembelian jasa By Zahra Make Up. Fenomena persaingan antar pelaku usaha make up artist yang mendorong perlunya strategi pemasaran yang efektif, termasuk penetapan harga, pembuatan content marketing, dan pemanfaatan online customer review. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 23. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 40 responden yang pernah menggunakan jasa By Zahra Make Up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, variabel online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami perilaku konsumen di era digital marketing serta memberikan wawasan praktis dalam strategi bisnis make up artist.
References
[1] Sari FP, Kurniawan R. Pengaruh Promosi, Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Simp Manaj dan Bisnis I 2022;1:464–74.
[2] Putri AE, Zulistiani, Damayanti S. Pengaruh Harga, Media Sosial, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus UMKM Rahma Catering Gurah). Simp Manaj dan Bisnis III 2024;3:420–9.
[3] Mahardini S, Singal VG, Hidayat M. Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika 2022;6:180–7. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480.
[4] Suwondo N, Andriana AN. Pengaruh Online Customer Review, Content Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Platform Tiktok Shop. J Ilm Manajemen, Ekon Akunt 2023;7:1205–26. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3510.
[5] Nofiana I, Samari, Sardanto R. Analisis Harga, Online Customer Review, Dan Kepercayaan. Simp Manaj dan Bisnis 2022:874–84.
[6] Latief F, Ayustira N. Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. J Mirai Manag 2020;6:139–54.
[7] Ghoni MA, Soliha E. Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. J Mirai Manag 2022;7:14–22.
[8] Zuliani, Subagyo, Purnomo Hery. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana E-Marketingbaru Oleh Pt Masbro7. Simp Manaj dan Bisnis II Progr Stud Manaj - FEBB UNP KEDIRI 2023;2:94.
[9] Pratiwi A. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret. J Kaji Ekon Bisnis Islam 2019;2:150–9. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.345.
[10] Ayuni DS, Samari, Sardanto R. Pengaruh Content Marketing, Harga, dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Nikisae Group. Simp Manaj dan Bisnis III 2024;3:481–91.
[11] Shadrina RN, Sulistyanto Y. Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Medi Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang ). Diponegoro J Manag 2022;11:1–11.
[12] Nabila VA, Habib M. Pengaruh Content Marketing Aplikasi TikTok, Online Customer Review, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Masker Camille Beauty. e-Journal Ris Manaj 2023;12:590–601.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Delfi Maurellya Winalda, Sri Aliami, Dyah Ayu Paramitha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
