ANALISIS PENGARUH BERSAMA FLASH SALE, CITRA MEREK, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC DI SHOPEE PADA GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.29407/6j8zx293Keywords:
flash sale, Citra Merek, Online Customer Review , Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini terdapat fenomena oleh cepatnya pertumbuhan sektor kecantikan dan perawatan kulit, dimana Skintific muncul sebagai merek yang banyak diminati. Generasi Z yang menjadi segmen pasar utama sangat terpengaruh oleh media sosial serta review online saat membuat keputusan untuk membeli. Walapun Skintific telah mencapai keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari Flash Sale, Citra Merek, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific di Shopee Pada Generasi Z. Metode penelitian yang diterapakan adalah kuantitatif dengan memanfaatkan teknik kausal. Metode pengambilan sampel, dimana sampel terdiri dari 40 responden melalui teknik Accidental Sampling. Analisis regresi berganda dimanfaatkan dalam studi ini, serta pengujian data memanfaatkan perangkat lunak IBM SPSS 27. Hasil studi menunjukan bahwasanya secara simultan flash sale, citra merek, dan online customer review secara bersama-sama mempunyai dampak signifikan terhadap keputusan pembelian. Keterbaruan penelitian ini terletak pada online customer review terfokus pada purchase intention, seperti jumlah review dan rating dengan pembelian konsumen produk skincare Skintific di Shopee.
References
[1] Citra DAN, Terhadap M, Skintific B. Analisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada brand skintific 2025;10:581–600.
[2] Rahmawati ND, Winarso W, Anas H. PENGARUH FLASH SALE, LIVE SHOPPING, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND SKINTIFIC DI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). J Econ 2023;2:2740–55. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.897.
[3] Dayanti H. Pengaruh Flash Sale , Customer Review , Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Shopee ( Studi Kasus Mahasiswa FEB Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ) 2024;2:168–80.
[4] Ikfa Ni’matul Chusna Ningtias. Pengaruh Influencer Endorse, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote Di Kota Kediri 2024:134–43.
[5] Damayanti A, Arifin R, Rahmawati. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Brand Thanksinsomnia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma Malang Angkatan 2018). Riset, J Prodi, Manaj Fak Manaj Unisma, Bisnis 2023;12:510–8.
[6] Muhtarom A, Syairozi MI, Rismayati RD. Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Deriv J Manaj 2022;16:36–47.
[7] Studi P, Feb M, Kediri UNP. PENGARUH PROMOSI ONLINE , ULASAN PRODUK DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO MADUMONGSO BU BINTI DI 2024;2:400–9.
[8] Latief F, Ayustira N. Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. J Mirai Manag 2020;6:139–54.
[9] Riset J, Prodi M, Fakultas M, Unisma B. Pengaruh Content Marketing, Brand Image dan E-WOM (Electronic Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Moisturizer Skintific (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA Pengguna Aplikasi Shopee) 2021;13:1477–86.
[10] Moh Fali Fayadl AW, Mustapita AF. Pengaruh Gratis Ongkir, Online Costumer Review Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Tiktok Shop (Studi Pengguna Tiktok Shop di Kota Malang). Riset, J Prodi, Manaj Fak Manaj Unisma, Bisnis 2023;12:510–8.
[11] Putra JC, Talumantak R. Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga Dan Citra Kenangan Kota Kasablanka. J Ilm Nas 2022;4:26–39.
[12] Rahmawati AW, Udayana I, Maharani BD. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Reslaj Relig Educ Soc Laa Roiba J 2022;4:1030–43. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i4.1055.
[13] Feronicha L. Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Citra Merek commerce Shopee 2024;7. https://doi.org/10.32877/eb.v7i2.1600.
[14] Sinaga SM, Rochdianingrum WA. Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Shopee. J Ilmu dan Ris Manaj 2024;13:1–19.
[15] Adolph R. No Title No Title No Title 2016:1–23.
[16] Septian RA, Firmialy SD. PENGARUH CITRA MEREK DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINTIFIC. Nucl Phys 2023;13:104–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dina Kumala Sari, Hermin Istiasih, Susi Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
