PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PENGALAMAN KONSUMEN, PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI UMKM SEBLAK PRASMANAN MAS AL
DOI:
https://doi.org/10.29407/ge8wd507Keywords:
kualitas layanan, pengalaman konsumen, promosi, kepuasan pelanggan, UMKMAbstract
UMKM memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi, termasuk di sektor kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, pengalaman konsumen, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada UMKM Seblak Prasmanan Mas Al di Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 40 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert lima poin yang mengukur tingkat persetujuan responden terhadap pernyataan-pernyataan dari masing-masing variabel penelitian. Skala Likert digunakan untuk mengubah persepsi responden menjadi data numerik yang dapat dianalisis secara statistik. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, pengalaman konsumen, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menegaskan pentingnya pelayanan yang optimal, pengalaman positif, dan promosi yang efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada UMKM kuliner.
References
[1] N P, H S, Zufri. Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Etika Pelayanan Dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Warung Kopi Gelas Batu Kota Pinang. Int J Intellect Discourse 2021;39:102–11.
[2] Fadhilah RE, Nainggolan BM. Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Inovasi 2024;11:150–63. https://doi.org/10.32493/inovasi.v11i1.p150-163.40256.
[3] Desmi Ristia N, Marlien R. Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Albania Coffee Boja). YUME J Manag 2022;5:1–16.
[4] Fajar A, Aliami S, Damayanti S. Pengaruh kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian jersey spsportwear kediri 1),2),3) 2024;3:1073–81.
[5] Indah Handaruwati, Septian BP. Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten. J Bisnisman Ris Bisnis dan Manaj 2021;3:16–33. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v3i2.45.
[6] Juliani TG. Pengaruh Lokasi , Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Seblak Padarame di Graha Asri Cikarng. Mirai Manag 2023;8:249–59.
[7] Pajar R, Kusumaningtyas D, Ayu D. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada umkm “baksokuy.id” di kabupaten tulungagung 1),2),3) 2024;3:192–202.
[8] Doly AN, Tri IFR, Nurul J. Pengaruh Minat Beli, Kepercayaan, dan Pengalaman Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada “Catering Kami” Kecamatan Medan Helvetia). JUMSI 2024;4:371–86.
[9] Muhtarom A, Syairozi I, Wardani ND. Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online ELMONSU. Jesya (Jurnal Ekon dan Ekon Syariah) 2022;5:743–55.
[10] Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.
[11] Arefianto W, Arija HH, Junianingrum S. PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG NASI GORENG BANG TOFAN DESA BALOK KABUPATEN KENDAL. J Manage 2025;2:11–28.
[12] Iswati H, Lestari NI. Pengaruh Display, Promosi penjualan dan kualitas produk pada toko online terhadap loyalitas konsumen dengan variabel intervening kepuasan pelanggan. J Manaj 2021;11:14–30.
[13] Nareswari AN, Suryaningsih A. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kecepatan Respons Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Marugame Udon. J Ris Manaj 2024;2:249–59.
[14] Rahman SH, Rohaeni H, Dewi SWK. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Purchase Intention. J Sains Manaj 2020;2:24–36.
[15] Laksono B, Aliami S, Soeprajitno ED. Sinergi Strategi Customer Bonding Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Pizza Hut Delivery Kota Kediri. Pros. Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akunt., vol. 7, 2022, hal. 495–503.
[16] Arista C, Sholikhah A, Saharani AE, Rotama BA, Brillianta A, Falach MZ, et al. Strategi Inovasi dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasi Menthok Bu Roni. Nusant Community Empower Rev 2024;2:112–8.
[17] Hadisti N, Septiani S, Fitria R, Nasution YSJ. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap UMKM di CFD Lapangan Merdeka Medan. Indones J Multidiscip Sci Stud 2025;3:11–5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karin Dwi Sandrina, Dian Kusumaningtyas, Susi Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
