PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BELI KOPI DI NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.29407/amfxsa76Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen, Kedai KopiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial kualitas produk, harga, dan promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen di Beli Kopi Tanjunganom, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 97 responden dengan teknik incidental sampling. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, serta uji t dan F. Hasil menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) dan promosi (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen (Y). Sementara itu, harga (X2) menunjukkan pengaruh negatif namun signifikan, dengan hipotesis parsialnya ditolak meskipun signifikan secara statistik. Secara simultan, kualitas produk, harga, dan promosi secara signifikan memengaruhi kepuasan konsumen. Penelitian ini berkontribusi dengan menganalisis faktor-faktor ini secara komprehensif di pasar kopi regional yang kurang terjamah, mengisi kesenjangan studi yang didominasi area perkotaan. Variabel independen menjelaskan 32,5% kepuasan konsumen, sisanya 67,5% dipengaruhi faktor lain. Kebaruan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh dari ketiga strategi tersebut secara bersamaan terhadap keputusan pembelian konsumen di Beli Kopi Tanjunganom, Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen di Beli Kopi Tanjunganom Nganjuk.
References
[1] Andriani F, Tasa NN, Nurhasanah S, Oktaviani S, Putri AM. Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). J Pendidik Tambusai 2021;5:2904–10.
[2] Meilina R, Hakimah EN, Ernestivita G, Raharjo IB, Fadilah AO. Optimalisasi Strategi Pemasaran untuk Penguatan Kelompok UMKM Desa Karangtalun Kabupaten Kediri. Abdimas Akad 2022;3:110–9.
[3] Hakimah EN. Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Makanan Khas Daerah Kediri Tahu Merek “POO” pada Pengunjung Toko Pusat Oleh-oleh Kota Kediri. J NUSAMBA 2016;1:13–21.
[4] Purnomo H, Sardanto R, Muslih B. Signifikansi Prediktor Kepuasan Konsumen Jasa Hotel. Nganjuk: CV. Adjie Media Nusantara; 2020.
[5] Subagyo S, Widodo MW, Sardanto R, Wisnu S, Bhirawa S, Soedjoko DKH. Pelatihan Manajemen Keuangan dan Pembukuan Sederhana untuk Pemberdayaan UMKM Desa Karangtalun Kabupaten Kediri. J Abdimas Akad 2022;3:136–44.
[6] Fahrudin MF, Yulianti E. Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. J Bus Bank 2015;5:149–62. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.385.
[7] Pramesti MA, Chasanah U. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. J Bina Bangsa Ekon 2021;14:281–7. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i2.76.
[8] Afnina A, Hastuti Y. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. J Samudra Ekon dan Bisnis 2018;9:21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458.
[9] Firdaus MZ, Muttaqien F, Robustin TP. Pengaruh Dimensi Marketing Mix terhadap Loyalitas Pelanggan pada Home Industry Saus Ryan Jaya di Kabupaten Lumajang. Jobman J Organ Bus Manag 2020;3:118–22.
[10] Nyonyie RA, Tamengkel LF. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. J Adm Bisnis 2019;9:18–24.
[11] Andika S, Purnamasari P. Pengaruh Variasi Produk, Promosi dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan Kentucky Fried Chicken di Kabupaten Bekasi) 2024;8:1539–52.
[12] Pratama RI. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Restoran Pizza Hut di Semarang). n.d.
[13] Manoppo NPTWS, Tamengkel LF. Pengaruh Kualitas Produk, brand experience terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV. DEFMEL Leilem. Productivity 2021;2:309–14.
[14] Lieyanto DM, Pahar BH. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. BIP’s J BISNIS Perspekt 2021;13:88–101. https://doi.org/10.37477/bip.v13i2.216.
[15] Kumajas A, Kalangi JAF, Jurusan LFT, Administrasi I, Bisnis A. Pengaruh Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Pegadaian (Persero) UPC Tumpaan 2022;3.
[16] Aryani DN, Hartutik, Desi Derina Yusda, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, Yanti Setianti. Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekon Manajemen, dan Akuntansi) 2023;9:2438–43. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1664.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reny Veronika Dian Novitasari, Zulistiani, Rony Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
