ANALISIS HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRIBE KOPI KEDIRI

Authors

  • Amellia Dwi Septiyani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dodi Kusuma Hadi Soedjoko Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Tribe Kopi Kediri. Kepuasan pelanggan merupakan variabel dependen, variabel independen adalah harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Data diperoleh dari konsumen yang membeli di Tribe Kopi Kediri. Jumlah sampel sebanyak 86 konsumen dengan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel random sampling. Metode penelitian yang digunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 5% untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Disarankan Tribe Kopi Kediri lebih memperhatikan faktor harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan agar kepuasan pelanggan meningkat.

Downloads

Published

2024-08-11