ANALISIS FAKTOR HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI UD SANTOSO KEDIRI

Authors

  • Dicky Ferdynand Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poniran Yudho Leksono Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/5rrgjm07

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Bengkel Teknik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di UD Santoso Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausalitas, serta melibatkan 40 responden yang berusia 17 tahun ke atas, berdomisili di Kecamatan Pare, dan merupakan konsumen UD Santoso. Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Nilai Adjusted R² sebesar 0,405 mengindikasikan bahwa ketiga variabel bebas tersebut mampu menjelaskan 40,5% variasi yang terjadi pada loyalitas pelanggan. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada fokus kajiannya terhadap loyalitas pelanggan di sektor jasa bengkel bubut dan las, yang masih jarang dijadikan objek penelitian, khususnya dalam konteks pemasaran jasa pada skala UMKM.

References

[1] Asakdiyah S, Hakiki R, Tunjungsari Hk. Kepuasan Pelanggan Di Era Digital : Strategi Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Jangka Panjang. Vol. 11. 2023.

[2] Harahap K. Strategi Bisnis. Vol. 58. 2024.

[3] Ramadhan Ts, Dharma Ba, Pratama As, Rahmadi An, Prasojo A, Yandi A, Et Al. Teori Manajemen Pemasaran. Vol. 11. Purbalingga: Eureke Media Aksara; 2024.

[4] Rifa’i K. Membangun Loyalitas Pelanggan. Zifatama Publ 2023:1–191.

[5] Srisusilawati P, Burhanudin J, Trenggana Afm, Anto Ma, Kusuma Gpe, Rahmasari Lf, Et Al. Loyalitas Pelanggan. 2023.

[6] Ginting Stua, Sitorus Rfm. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Mobil Telaga Adil Di Medan. J Apresiasi Ekon 2022;10:88–101. Https://Doi.Org/10.31846/Jae.V10i1.442.

[7] Yekti Rma, Samari, Kurniawan R. Analisis Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cv Pentol Bakso Oye Nganjuk 2024;3:615–24.

[8] Sudiyono, Kurniawati M, Mustikowati Ri. Manajemen Pemasaran Usaha Wisata. Manaj Pemasar Usaha Wisata 2018:6.

[9] Mukson, Prasetyo E, Ekowati T, Setiadi A. Manajemen Pemasaran 2018:205.

[10] Sirait Aa. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Bengkel Berkah Service Motor Medan. Sustain 2024;11:1–14.

[11] Pahmi. Kualitas Produk Dan Harga Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat. 2024.

[12] Tegowati, Martoatmodjo Gw, Kalbuadi A, Ismail K, Idayati F, Rukmana Ay, Et Al. Pengembangan Produk. Purbalingga: 2024.

[13] Liana Y, Putri I, Djafri T, Priyo D. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Shopee. J Ilm Ecobuss 2024;12:77–85. Https://Doi.Org/10.51747/Ecobuss.V12i1.1866.

[14] Fitriyasari D, Hakimah En, Ratnanto S. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kerupuk Ud Raya 2 Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. J Trends Econ Account Res 2024;4:687–95. Https://Doi.Org/10.47065/Jtear.V4i3.1044.

[15] Wahyu H, Sulistyani L. Effek Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening Pada Perusahaan Jasa Konstruksi Cv Muna Sariy Jaya. Excell J Manajemen, Bisnis Dan Pendidik 2021.

[16] Nastiti Ae, Damayanti S. Pengaruh Digital Marketing, Store Atmosphere, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Di “Risky Shafira” Cuci Mobil Dan Sewa Mobil Nganjuk). Simp Manaj Dan Bisnis Ii Progr Stud Manaj - Feb Unp Kediri 2023;2:2023.

[17] Laksono B, Aliami S, Soeprajitno Ed. Sinergi Strategi Customer Bonding Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Pizza Hut Delivery Kota Kediri. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akuntasi 2022:495–503.

[18] Hermawan A, Ratnanto S. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Tb Mujur Kediri. Pros Simp Nas Manaj Dan Bisnis 2024;3:1082–90.

[19] Sunardi. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Bintang Makassar Cabang Alauddin. Αγαη 2024;15:37–48.

[20] Farisi S, Siregar Qr. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Di Kota Medan. Maneggio J Ilm Magister Manaj 2020;3:148–59. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V3i1.4941.

[21] Rosalia I, Lestariningsih M. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Globalart San Diego Surabaya. J Ilmu Dan Ris Manaj 2021;10:1–21.

[22] Rahmadi Y, Elsandra Y. Pengaruh Kualitas Jaringan, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. J Ilm Mea (Manajemen, Ekon Dan Akuntansi) 2025;6:38–51.

[23] Novitawati Rad, Mahfud A, Sasongko T. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sanggar Warung Kopi Aceh Kota Malang. Ref J Ilmu Manaj Dan Akutansi 2020;7:130–6.

[24] Hayati N. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Herba Penawar Alwahida Indonesia (Riset Halal Mart Bc. Hni-Hpai Pekanbaru) 2020;2507:1–9.

[25] Nopitasari N, Sentosa E, Nursina. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Ikraith-Ekonomika 2024;7:76–86. Https://Doi.Org/10.37817/Ikraith-Ekonomika.V7i2.3337.

[26] Rahmawati N, Hasan I. Pengaruh Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Azarine Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. Syarikat J Rumpun Ekon Syariah 2023;6:207–20. Https://Doi.Org/10.25299/Syarikat.2023.Vol6(1).12922.

[27] Nafsi Ld, Kurnia M, Pramesti Da. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Ummagelang Conf Ser 2024:486–98. Https://Doi.Org/10.31603/Conference.12033.

[28] Masili V, Lumanauw B, Tielung Mvj. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Toko Bahan Bangunan Mentari Di Desa Sea Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Prosiding 2023;3:10–7. Https://Doi.Org/10.59134/Prosidng.V3i.288.

[29] Agiesta W, Sajidin A, Perwito. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya. J Ilm Mea (Manajemen, Ekon Dan Akuntansi) 2021;5:1653–64.

[30] Octavia R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt Bank Index Lampung. J Manaj Pemasar 2020;13:35–9. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.13.1.35-39.

[31] Kotler P, Amstrong G. Marketing An Introducing Pretiece Hall Twelfth Edition. Engl Pearson Educ Inc 2015.

[32] Tjiptono F. Strategi Pemasaran. 2nd Ed. Yogyakarta: 2016.

[33] Ariyanto A, Ghozali Z, Munyati, Ambarwati R, Nelly, Revita N, Et Al. Manajemen Layanan Pelanggan. Vol. 11. 2019.

[34] Sebastian N, Rojuaniah. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Astra Honda Authorized Servis Station Sarana Motor Di Tangerang Naka. J Contemp Account Ekon 2020;1:444–53.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Ferdynand, D., & Leksono, P. Y. (2025). ANALISIS FAKTOR HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI UD SANTOSO KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 653-661. https://doi.org/10.29407/5rrgjm07

Similar Articles

1-10 of 526

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>