ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN GORDEN HAYAMAS MELALUI KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN

Authors

  • Depi Paronaliya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Ratnanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/1r9nc745

Keywords:

LOYALITAS PELANGGAN, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI PENJUALAN, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan pada UD Hayamas, sebuah UMKM gorden rumah tangga di Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 50 pelanggan loyal yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi penjualan berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengujian simultan ketiga variabel dalam konteks UMKM sektor tekstil interior, khususnya terkait pemanfaatan promosi digital yang masih terbatas. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan rekomendasi praktis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di bisnis kecil serupa.

References

[[1] Alma B. Manajemen Pemasaran & Manajemen Pemasaran Jasa. penerbit Alf 2018;1:6.

[2] Tambrin T. Dampak Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan di Pasar Gorden. 2019.

[3] Rahmi Widyanti, Kurniaty UMA. Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan 2012;1:873–83.

[4] Mandraguna WH. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek 2017.

[5] Mahdi A, Adian Eka I. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan. J Mata Ajar Ekon Islam Teor Perilaku Konsum 2018:1–10.

[6] Putri NDPD, Novitasari D, Yuwono T, Asbari M. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. J Commun Educ 2021;15:1267–83. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226.

[7] Amalia R. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Produk Internet XL Axiata di Kota Makassar. J Bisnis dan Manaj 2017;1:72–85.

[8] Kotler. Manajemen Pemasaran. In: Manajemen Pemasaran. Ed Millenium, Jilid 1 2005;1:11–40.

[9] KEDIRI SU. Pengaruh Harga, Kualitas dan Lokasi Tanam Terhadap Keputusan Penjualan Petani Tembakau Kepada PT Sadhana Arifnusa di Kabupaten Nganjuk 2024;3:28 hlm.

[10] Ratnanto S. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di TB Mujur Kediri. Pros Simp Nas Manaj dan Bisnis 2024;3:1082–90.

[11] Ratnanto S. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. EKOMA J Ekon Manajemen, Akunt 2024;3:1125–36. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i6.5082.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Paronaliya, D. ., & Ratnanto, S. (2025). ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN GORDEN HAYAMAS MELALUI KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 803-810. https://doi.org/10.29407/1r9nc745

Similar Articles

1-10 of 404

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>