ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN DI TINJAU DARI KUALITAS PRODUK, DISPLAY PRODUK, DAN PROMOSI PADA BRAMBANG GORENG UD BARU RASA
DOI:
https://doi.org/10.29407/a2r1rz23Keywords:
Kualitas Produk, Display Produk, Promosi, Loyalitas Pelangan, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, display produk, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada Brambang Goreng UD Baru Rasa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, melibatkan 70 responden yang dipilih secara random sampling dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, display produk, dan promosi masing-masing berpengaruh positif namun tidak signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh positif dan signifikan. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis gabungan ketiga variabel dalam konteks UMKM lokal, memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan strategi pemasaran usaha sejenis.
References
[1] Haryo. UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia 2021:1–1.
[2] Herry P. OPTIMALISASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU BAWANG GORENG DI SAWUNG TANI KAB. NGANJUK. Sustain 2019;11:1–14.
[3] Djoko E. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis Kolaborasi Content Marketing dan Event Marketing sebagai Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Wisata Korea Fantasy Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis Gambar 1 Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap PD 2024;9:356–67.
[4] Setyarana M. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Go-Food Di Kota Jakarta. Manaj Dewantara 2022;6:35–44. https://doi.org/10.26460/md.v6i1.12008.
[5] heni iswati NIL. PENGARUH DISPLAY, PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PRODUK PADA TOKO ONLINE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN Heni. Физиология Человека 2021;47:124–34. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x.
[6] Aziz DS, Hadi DK. Analisis Motivasi, Promosi Jabatan dan Kompensasi Sebagai Determinan Kepuasan Kerja Karyawan di Kembang Jawa Motor Tepus Kediri. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt FEB UNP Kediri 2021:332–8.
[7] Edy. ANALISIS KUALITAS PRODUK , PROMOSI DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SCARLETT MAHASISWA UNP 2024;3:523–32.
[8] Anggita Sri R. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Janji Jiwa Di Nganjuk. Fak Ekon Dan Bisnis Univ Nusant Pgri Kediri 2022:123.
[9] Astuti D, Luthfiana H, Putri NH, Alieviandy NS, Sari NS, Pratama NA. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja: Lingkungan Kerja, Stress Kerja dan Insentif (Literature Review Manajemen Kinerja) DOI https://doi.org/10.31933/jimt.v4i2. J Ilmu Manaj Terap 2022;4:199–214.
[10] Endri dan DN. Novianti et al., 90 – 108 MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VIII, No. 1, Feb 2018. Mix J Ilm Manaj 2018;VIII:90–108.
[11] Purnomo H, Sardanto R, Muslih B. Signifikansi Harga, Fasilitas Dan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Hotel. J Ekobis Ekon Bisnis Manaj 2021;11:67–78. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.167.
[12] Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.
[13] Purnomo H. UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MELALUI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI PADA UD JAWA MANDIRI Yanti. Sustain 2019;11:1–14.
[14] Soedjoko DKH. Analisis brand image , kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas konsumen klinik kecantikan loris kediri 1),2) 2024;3:947–55.
[15] Azizah SN. Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan di Shopee 2024;2:35–46.
[16] Septiyani AD, Soedjoko DKH. Analisis harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan tribe kopi kediri. Simp Manaj Dan Bisnis III 2024;3:564–74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farrendi Ananda Putra Pratama, Edy Djoko Soeprajitno, Dodi Kusuma Hadi Soedjoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
