ANALISIS HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CV PENTOL BAKSO OYE NGANJUK

Authors

  • Rindhus Mei Anggar Yekti Universitas Nusantara PGRI kediri
  • Samari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rony Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Promosi, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Studi ini memiliki tujuan untuk menyelidiki dampak harga, kualitas produk, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan di CV Pentol Bakso Oye Nganjuk. Metodologi yang digunakan melibatkan pendekatan kausal kuantitatif dengan ukuran sampel 40 peserta. Proses analisis data melibatkan pemanfaatan regresi linier ganda melalui perangkat lunak SPSS Versi 25. Sebelum analisis, penilaian asumsi standar dilakukan, meliputi tes untuk normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa harga memberikan efek moderat pada loyalitas pelanggan, sedangkan kualitas produk menunjukkan pengaruh yang kuat. Di sisi lain, promosi menghasilkan efek kecil. Kesimpulannya adalah bahwa loyalitas pelanggan terhadap CV Pentol Bakso Oye Nganjuk terutama dibentuk oleh harga, kualitas produk, dan promosi, dengan kualitas produk muncul sebagai faktor yang paling berpengaruh di antara ketiga variabel ini. Direkomendasikan agar CV Pentol Bakso Oye Nganjuk berkonsentrasi untuk mempertahankan elemen-elemen ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Downloads

Published

2024-08-11