PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA BENGKEL DUA PUTRA

Authors

  • M. Zainal Abidin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ike Cindia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Ratnanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dvaw1q88

Keywords:

Kualitas Produk, Pelayanan, Word of Mouth, Minat Beli, Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan word of mouth terhadap minat beli konsumen pada Bengkel Dua Putra. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 40 responden yang merupakan pelanggan di Bengkel Dua Putra. Desain penelitian menghubungkan antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian ini adalah Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Bengkel Motor Dua Putra. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif signifikan  terhadap  minat beli konsumen Bengkel Dua Putra. Word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen pada Bengkel Dua Putra. Secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan dan word of mouth berpengaruh signifkan terhadap minat beli konsumen Bengkel Dua Putra. Pembaruan pada penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan dan word of mouth, sedangkan dalam beberapa penelitian lain hanya menggunakan dua variabel yaitu kualitas produk dan harga.

References

[1] Andini, A., Ariyanti Lestari, G., & Mawaddah, I. (2018). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ban Sepeda Motor Honda Dengan Metode Multi Objective Optimization On The Basic Of Ratio Analysis (Moora). In Jurikom (Vol. 5, Issue 1). Http://Ejurnal.Stmik/Budidarma.Ac.Id/Index.Php/Jurikom

[2] Aries Muhammad (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Make Up Artist Yang Membeli Dan Menggunakan Produk Kryolan Di Kabupaten Bojonegoro). Skripsi. 1-87 .

[3] Ermawati E., Riza P. & Irham P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning Puput Di Kayumalue. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam – JIEBI Vol. 2 No. 1 Tahun 2020.

[4] Fauzy N., N.E. (2020). Pengaruh Harga, Kemasan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Produk “Le Minerale”. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Volume 20, Nomor 02, November 2020. Halaman 266-284 P-ISSN: 1412-2669; E-ISSN: 2549-4244.

[5] Firdaus Afdillah (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus Pada Perumahan Surya Mandiri Teropong Pt. Efa Artha Utama).Jom Fisip Vol.4 No.1.

[6] Gultom P., M. A. A. V. R. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ban Motor Merek Fdr Di Pt. Masterban Berkat Indonesia. Outline Journal Of Management And Accounting , E-Issn : 2962-3650, 1–13.

[7] Harahap Khairunniyar (2023). Pengaruh Implementasi Harga, Word Of Mouth Dan Citra Perusahaan Dalam Keputusan Pembeli Di Cfc Rantauprapat. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891Volume 9 (3) Juni Tahun 2023, Hal 660 - 670

[8] Kurniawan Y., D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen e-ISSN: 2461-0593.

[9] Laia Titi A. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Ud. Mitra Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, Vol. 5, Nomor 1, 1–12.

[10] Lestari Puji. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Cv. Gowata Sakti Motor. Tugas Akhir Mahasiswa, 1–133.

[11] Marlena Eka. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Kereta Api Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi.1-102.

[12] Musafaqoh Imroatun (2019). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Butiq Qolsa 15.A Iring Mulyo Kota Metro. Skripsi. 1-94.

[13] Nandalesti, Mardiana And Kusumaningtyas, Dian And Sasongko, M. Zuhdi (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Perjaka Motor Kabupaten Kediri. Undergraduate Thesis, Universitas Nusantara Pgri Kediri. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6028.

[14] Nugroho D., P. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ban Maxxis Melalui Minat Beli Pada Cv Harkat Fawwaz Sejahtera. JEBI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 6, November (2023), Hal. 944-953 e-ISSN: 3021-8365.

[15] Nurvidiana R., Kadarisman H. & Yusri A. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan Mt. Haryono Gg.XI Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 22 No. 2 Mei 2015| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

[16] Zebua L., D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Imelda Ponsel Telukdalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan p-ISSN 2614-381X E-ISSN : 2828-0946 Vol. 5, Nomor 1, Januari 2022 Universitas Nias Raya.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Abidin, M. Z., Cindia, I., & Ratnanto, S. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA BENGKEL DUA PUTRA. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 82-87. https://doi.org/10.29407/dvaw1q88

Similar Articles

1-10 of 412

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>