ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, DAYA TARIK IKLAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK HERBAL TOLAK ANGIN
DOI:
https://doi.org/10.29407/zs20ef08Keywords:
Brand Awareness, Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh brand awareness secara parsial terhadap minat beli konsumen produk herbal tolak angin, (2) pengaruh daya tarik iklan secara parsial terhadap minat beli konsumen produk herbal tolak angin, (3) pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap minat beli konsumen produk herbal tolak angin, (4) pengaruh brand awareness, daya tarik iklan, dan kualitas produk secara simultan terhadap minat beli konsumen produk herbal tolak angin. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan jenis penelitian survei menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Nusa Megarkencana. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh secara parsial brand awareness terhadap minat beli konsumen produk herbal Tolak Angin. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 0.538 lebih kecil < dari nilai t tabel sebesar 1.68063, dengan nilai signifikan sebesar 0.593 lebih besar > dari 0.05 (0.593 > 0.05) ; (2) terdapat pengaruh secara parsial daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen produk herbal Tolak Angin. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4.019 lebih besar > dari nilai t tabel sebesar 1.68063, dengan nilai signifikan sebesar 0.000 lebih kecil < dari 0.05 (0.000 < 0.05) ; (3) tidak terdapat pengaruh secara parsial kualitas produk terhadap minat beli konsumen produk herbal Tolak Angin. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 0.435 lebih kecil < dari nilai t tabel sebesar 1.68063, dengan nilai signifikan sebesar 0.666 lebih besar > dari 0.05 (0.666 > 0.05) ; (4) terdapat pengaruh secara simultan antara brand awareness, daya tarik iklan, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen produk herbal Tolak Angin. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 19.617 lebih besar > dari nilai F tabel sebesar 2.81, dengan nilai signifikan sebesar 0.000 lebih kecil < dari 0.05 (0.000 < 0.05).
References
[1] Widodo H, Wiku V. Pengaruh Kualitas Produk,Brand Awareness,Dan Daya Tarik Iklan Produk Jamu Tolak Angin Sido Muncul Terhadap Konsumen Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA) 2023;2:44–51. https://doi.org/10.34152/emba.v2i01.728.
[2] Dean Mavilinda ES, Susanti A. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Tolak Angin Pada Masa Pandemi Di Surakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi 2022;10:213–21. https://doi.org/10.31846/jae.v10i2.460.
[3] Azzah Hanifah, Tri Octaviani, Slamet Bambang Riono, Muhammad Syaifulloh, Syariefful Ikhwan. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Jamu Tolak Angin Cair Di Toko Nirmala Brebes. Jurnal of Management and Social Sciences 2023;1:76–95. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.362.
[4] Salsabila AY, Nugroho RH. Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kemasan Produk, dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Produk Tolak Angin pada Masyarakat Desa Kesamben Kabupaten …. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi … 2022.
[5] Lorinda IP. Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. vol. 22. 2023.
[6] Nawarcono W, Aliyah NJ, Margiutomo SAS, Supadmini S. Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dengan Shopee Paylater Sebagai Variabel Intervening Di Era Society 5.0. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis 2024;3:84–92.
[7] Trimulyani S, Herlina N. Pengaruh Iklan, Diskon, dan Brand Ambassador Terhadap Pembelian Implusif Pada Lazada Di Masa Pandemi Covid-9. Liaison Journal of Best 2022;1:47–58.
[8] Wisudaningsih BA, Arofah I, Belang KA. Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Jurnal Statistika Dan Matematika 2019;1:103–17.
[9] Ginting STUA. Pengaruh Kualitas Pesan, Daya Tarik Iklan Dan Frekuensi Penayangan Terhadap Efektivitas Iklan Media Televisi Pada Produk Sepeda Motor Merek Honda. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora 2020;01:24–39.
[10] Indrasari M. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan. books.google.com; 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akhita Ash Tegar, Luluk Kholisoh, Winanto Nawarcono, Eliya Isfaatun, Sri Supadmini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
