PENGEMBANGAN POLA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SEDUDO DESA SIDOHARJO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Suwarni Suwarni Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bambang Agus Sumantri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poniran Yudho Leksono Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pengembangan, Pola Pelayanan, Aplikasi SEDUDO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pola pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi Sedudo pada Desa Sidoharjo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Data diperoleh dari operator aplikasi SEDUDO dan masyarakat yang menggunkan aplikasi SEDUDO. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian dari operator awal-awal mengalami kendala masalah sinyal, setelah sinyal teratasi baru pengajuan dan balasan dari Capil lancar. Akhir-akhir ini setelah ada pembaruan aplikasi dari Capil malah banyak masalah yang dihadapi oleh operator seperti balasan pengajuan administrasi sangat lambat seharusnya balasan dalam 2 hari sudah selesai saat ini 1 bulan belum selesai, faktor pendukung mensosialisasi aplikasi SEDUDO kepada masyarakat dan faktor penghambat ialah kurangnya ide dan biaya dalam pengembangannya, dan faktor memperkuat adanya keluhan dari masyarakat yang meminta segera dijadikan dokumennya, dalam faktor memperlemah kurangnya kelengkapan persyaratan pendukung untuk pengajuan dokumen dan tanggapan masyarakat beberapa masyarakat merasa puas setalah menggunakan aplikasi dan ada juga yang belum merasa puas.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Suwarni, S., Sumantri, B. A., & Leksono, P. Y. (2022). PENGEMBANGAN POLA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SEDUDO DESA SIDOHARJO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 1, 336–345. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/1719