PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DISKON, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN SHOPEE PAY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE FOOD

Authors

  • Dita Putri Cahyaning Ayu Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rino Sardanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jy7e9113

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Diskon, Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Pelanggan, Shopee Food

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, diskon, dan kemudahan penggunaan Shopee Pay terhadap kepuasan pelanggan Shopee Food di Desa Bendo, Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kausal komparatif. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dari populasi masyarakat usia 18–24 tahun yang telah menggunakan layanan Shopee Food dan Shopee Pay minimal dua kali, menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan skala likert yang telah diuji untukvaliditas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 25, melalui uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, diskon, dan kemudahan penggunaan Shopee Pay berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Diskon memiliki pengaruh paling dominan, diikuti oleh kualitas pelayanan dan kemudahan penggunaan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan 66,6% variasi kepuasan pelanggan. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi strategi layanan, promosi, dan sistem pembayaran digital dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, khususnya di wilayah pedesaan.

References

[1] Utami S. Belanja Online Menjadi Trend Remaja Selama Pandemi Covid-19. AN-NISA J Stud Gend dan Anak 2023;13:730–8.

[2] Damayanti S, Poerana AF, Lubis FM. Fenomena Belanja Online Di Kalangan Mahasiswa Para Pengikut Akun @Berburusale_. Media Bina Ilm 2022;16:1–4.

[3] Annur CM. No Title. Data Books 2024.

[4] Rainner P. No Title. Goods Stats 2024.

[5] Rania D. No Title. Blog 2024.

[6] Andana R, Muslih B. Analisis keputusan penggunaan shopeepay berdasarkan promosi, persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan (studi pada mahasiswa Universitas Nusantar PGRI Kediri). Simp Manaj dan Bisnis II Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2023;2:594–604.

[7] Septiyani AD, Soedjoko DKH. Analisis harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan tribe kopi kediri. Simp Manaj dan Bisnis III 2024;3:564–74.

[8] Gunawan N, Subagyo S, Purnomo H. Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Merek, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Maxim Kediri. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:733–43.

[9] Ati DC, Samari, Kurniawan R. Analisis kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada cafe homely koffee kediri 2024;3:389–99.

[10] Tjiptono F. Strategi Pemasaran. 4 ed. Yogyakarta: Andi Offset; 2015.

[11] Kotler P, Keller KL. Marketing Management. Global. London: Pearson; 2016.

[12] Hanan EN, Silviana DA, Noorend FM, Abdullah M. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek WilayahJakarta. Manaj Dirgant 2024;17:235–49.

[13] Kasmad. Pengaruh Kualitas Pelayanan , Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek di Tangerang Selatan. ARASTIRMA Univ Pamulang 2024;4.

[14] Lubis EM. Pengaruh Persepsi Nilai Merchant , Price Discount , Loyalty Program Terhadap Kepuasaan Pelanggan ( studi pada pelanggan Gopay di aplikasi Gojek ). Manaj Bus Innov Conf https//jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/index Magister 2024;7:362–76.

[15] Ardani AS, Pamikatsih TR. Analisis Kepuasan Konsumen Dompet Digital OVO Dipengaruhi Faktor Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Promosi. J Transform Mandalika 2023;4:558–66.

[16] Indrasari M. PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN. vol. 11. Surabaya: UNITOMO PRESS; 2019.

[17] Sobari H. Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Sebagai Rujukan Keputusan Pembelian Di Pasar Modern. vol. 8. 2022.

[18] Lestari RP, Subagyo S, Purnomo H. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Barokah Laundry. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:935–45.

[19] Nurjannah FF, Masreviastuti. PENGARUH KUALITAS PELAYANANDAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGANGRABFOOD (Studi pada mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran di Politeknik Negeri Malang). J A B J Apl Bisnis 2021;7:129–32.

[20] Sihombing FDR, Mardhiyah A. Pengaruh promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan shopeefood di kota medan 2023;3:68–82.

[21] Desfitriady, Alivia AN, Putri ET. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Lokawati J Penelit Manaj dan Inov Ris 2023;1:68–81. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i4.137.

[22] Sudirjo F, Wahyuningsih D, Wijayanto G, Wahyono D. TEORI PERILAKU KOSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN. vol. 11. Kota Solok, Sumatera Barat: PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA; 2024.

[23] Amiliya NN, Hermawan H, Nursaidah N. the Effect of Price Discounts, Product Quality, and Digital Promotions on Customer Satisfaction (Case Study of Gofood Users in Jember Area). J Comp Ekon dan Bisnis 2024;6:315. https://doi.org/10.31000/combis.v6i2.11358.

[24] Nabila N, Wardhani RAN, Epriliyana NN. Pengaruh diskon dan cashback terhadap frekuensi pembelian pada aplikasi shopeefood di wilayah kabupaten jember 2025;7:1–13.

[25] Rumambi FJ. Apakah kepuasan pelanggan Shopee bergantung pada voucher diskon dan gratis ongkir? J Manaj Bisnis Asmi 2022;08:88–100.

[26] Wicaksono SR. Teori Dasar Technology Acceptance Model. Malang: CV. Seribu Bintang; 2022. https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254.

[27] Purwanto E. TECHNOLODY ADOPTION A CONCEPTUAL FRAMEWORK. First Edit. TANGERANG: Yayasan Pendidikan Philadelphia; 2020.

[28] Sasongko GD. The Influence of Service Quality, Platform Ease and Price on Shopeefood Customer Satisfaction in Tangerang City. Formosa J Sustain Res 2023;2:681–98. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i3.3393.

[29] Luh N, Erma P, Program M, Bisnis SA, Tinggi S, Sosial I, et al. Pengaruh Kemudahan Penggunaan Shopeepay Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Berbelanja Pada Ecommerce Shopee. J Ilmu Sos dan Pendidik 2023;7:2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5608/http.

[30] Suhendar A, Ramadani P, Dewi PS, Lutfi R, Brahmana ST. Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Pelayanan Terhadap Kepuasaan Penggunaan Shopeepay. J INTEKNA 2023;23:99–107.

[31] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2017.

[32] Jaya M. METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF. Yogyakarta: QUADRANT; 2020.

[33] Wahyudi, Avianti W, Martin A, Jumali, Andriyani N, Prihatiningsi D, et al. METODE PENELITIAN Dasar Praktik dan Penerapa Berbasis ICT. Sumatera Utara: 2023.

[34] CRESWELL JW, CRESWELL JD. RESEARCH DESIGN Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Fifth Edit. Thousand Oaks, California (USA): SAGE Publications, Inc; 2018. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3.

[35] Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2018.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Ayu, D. P. C., Soeprajitno, E. D., & Sardanto, R. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DISKON, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN SHOPEE PAY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE FOOD. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 852-860. https://doi.org/10.29407/jy7e9113

Similar Articles

1-10 of 329

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>