KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI ONLINE PADA PRODUK JIMSHONEY

Authors

  • Dika Gusviani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Kusumaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poniran Yudho Leksono Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/5jsm3439

Keywords:

Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga, Promosi Online, Jimshoney

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi online terhadap keputusan pembelian produk Jimshoney. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Jimshoney, meskipun jumlah pastinya tidak diketahui. Sampel diambil sebanyak 40 responden melalui penyebaran kuesioner dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t (parsial), dan uji F (simultan) dengan bantuan software SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (2) Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) Promosi Online secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (4) Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Online secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada fokus analisis terhadap produk fashion lokal berbasis digital dengan menggabungkan ketiga variabel tersebut secara simultan, yang masih jarang dibahas dalam konteks merek lokal seperti Jimshoney.

References

[1] Kotler, Armstrong. Marketing an Introduction, Edisi 13. USA: Perason Education.; 2016.

[2] Sihombing NS, Pardede E, Sihombing A, Dewantara N. Pemasaran Digital. 2022.

[3] Chaffey, Chadwick. Digital Marketing (6th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.; 2016.

[4] Lestari TJ, Kusumaningtyas D, Sasongko MZ. Analisis Pengaruh Rating, Review dan Kualitas Produk Terhada Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada. Simp Manaj Dan Bisnis I 2022. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/7mac1v42.

[5] Arfah Y. Keputusan Pembelian Produk. 2022.

[6] Permatasari ANI, Hidayat AM. PengaruhSocial Media Marketing Tiktok dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Camille Beauty. J Inform Ekon Bisnis 2023.

[7] Meythasari F, Samari, Leksono PY. Analisis Shopping Lifestyle, Store Atsmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Meteor Kampung Distro Kediri 2023. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.652.

[8] Anwar S, Mujito. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Di Kota Bogor 2021.

[9] Aldini, Ahmad Feriyansyah, Sella Venanza. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. J Akt Ris Akunt Dan Keuang 2022;3:44–53. https://doi.org/10.52005/aktiva.v3i1.130.

[10] Kotler, P., & Keller KL (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall: 2020.

[11] Fadillah H. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Dealer Yamaha Suryanata Amuntai. Inov J Adm Niaga 2023;5:1–12. https://doi.org/10.36658/ijan.5.2.104.

[12] Aulia KE, Hidayah N, Hayati C. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian tas themithtry dengan menggunakan metode regresi linier berganda 2025;7:48–54.

[13] Tjiptono F. Service, Quality dan Satisfaction (4th ed.). 2016.

[14] Gunarsih CM, Kalangi JAF, Tamengkel LF. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity 2021;2:69–72.

[15] Ariella IR. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. J Manaj Dan Start-Up Bisnis 2018. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/jp.v3i2.683.

[16] Putri A, Hatta IH, Noor LS. Pengaruh Promosi Online dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Konsumen pada akun Instagram “@CRSL.STORE.” J Ilm Manaj Pancasila 2024.

[17] Ryan. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation (4th ed.). London: Kogan Page.; 2016.

[18] Kadek N, Pebriyanti L, Studi P, Fakultas M, Bisnis E, Pariwisata D. Pengaruh Promosi Online dan Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Putu Sri Hartati (2) Ni Nyoman Adityarini Abiyoga VS (3) (1)(2)(3). J Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata 2022;2:73–81.

[19] Utari YD, Suhardi. Analisis Kualitas Produk, Promosi Online Dan Testimonial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Di Shopee 2022:169–77.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Gusviani, D., Kusumaningtyas, D., & Leksono, P. Y. (2025). KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI ONLINE PADA PRODUK JIMSHONEY. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 535-544. https://doi.org/10.29407/5jsm3439

Similar Articles

1-10 of 411

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>