ANALISIS KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE, DAN TESTIMONIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU SNEAKERS DI MARKETPLACE (PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

Authors

  • Ilham Hadiansyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Basthoumi Muslih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dodi Kusuma Hadi Soedjoko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/6dj4nw64

Keywords:

Kualitas Layanan, Brand Image, Testimonial, Keputusan pembelian

Abstract

Studi dilakukan untuk mengkaji kualitas layanan, brand image, dan testimonial terhadap keputusan pembelian sepatu sneakers di marketplace pada mahasiswa manajemen Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menyebarkan kuesioner dengan skala likert. Dengan populasi responden 1483 mahasiswa, kemudian disebarkan melalui google form kepada 316 responden mahasiswa UNP Kediri, penentuan sampel berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan metode purposive sampling, analisis data dilakukan melalui regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25.. Hasilnya menunjukkan kualitas layanan, brand image, dan testimonial berpengaruh signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian. Namun, uji koefisien determinasi adjusted (R2) mengungkapkan bahwa ketiga variabel ini hanya berkontribusi sebesar 10% terhadap keputusan pembelian, sementara 90% sisanya dipengaruhi faktor lain. Kualitas layanan, brand image, dan testimonial tetap menjadi fokus penting marketplace dalam memahami perilaku konsumen mahasiswa. Kebaruan penelitian ini terletak pada kajian spesifik interaksi kualitas layanan marketplace, citra merek sneakers, dan testimonial dalam konteks pasar mahasiswa.

References

[1] Purnomo H, Sardanto R, Muslih B. Signifikansi Harga, Fasilitas Dan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Hotel. J Ekobis Ekon Bisnis Manaj 2021;11:67–78. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.167.

[2] Sulton Ali Al Aradatin, Muslih Basthoumi RM. Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan PEembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Angkatan 2017 UNP Kediri). Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt 2021;6:1179–91.

[3] Ageng Mahendra Assidiq, Dea Oktaviani RAS. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telemedicine. J Manaj Dan Bisnis 2022;4:258.

[4] Tohari A, Ramadhani RA, Muslih B, Kurniawan A. Structural Equation Modeling: Taxpayer Compliance of Msmes in Kediri City. Rev Gest Soc e Ambient 2024;18:1–17. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n7-078.

[5] Utomo SB, Andriani E, Devi EK. Pengaruh Penilaian Produk dan Testimoni Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian di Platform E-commerce Bukalapak di Indonesia. Ekon Dan Kewirausahaan 2023;02:26–36. https://doi.org/10.58812/sek.v2i01.

[6] Ningtiyas AW, Muslih B, Soedjoko DKH. Analisis pengaruh e-service quality, e-trust dan harga terhadap keputusan pembelian di artee collection nganjuk. Simp Manaj Dan Bisnis I Prodi Manaj FEB UNP Kediri Tahun 2022 2022;1:214–22.

[7] Septiyani AD, Soedjoko DKH. Analisis harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan tribe kopi kediri. Simp Manaj Dan Bisnis III 2024;3:564–74.

[8] Sinta, Yuliana AM. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sinestesa 2022;5:559–73. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772.

[9] Alkahvy M. Analisis Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Testimonial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Shopee. Semin Nas Manaj Ekon Dan Akunt 2022:558–65.

[10] Suryani S, Rosalina SS. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Startup Business Unicorn Indonesia). Adm Bisnis, Fak Ekon Dan Bisnis, Univ 17 Agustus 1945 Jakarta 2020;04:41–53.

[11] Huang, Suciana HAM. Pengaruh Niat Beli Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Promosi Testimonial Sebagai Variabel Moderating Produk PT. Mahkota Sukses Indonesia (MSI) di Kota Bengkalis. Manaj Dan Bisnis 2020:478–86.

[12] Badri J, Safitri TSR. Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Instagram Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Procur J Ilm Manaj 2021;9:372–80. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1377.

[13] Cesariana C, Juliansyah F, Fitriyani R. Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. J Manaj Pendidik Dan Ilmu Sos 2022;3:211–24.

[14] Yuwono B, Permana AG. Pengaruh insentif dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan bagian marketing pada PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Tanjung Priok. J Adm Bisnis 2023;3:54–61.

[15] Tololiu RM, Roring F. Pengaruh Promosi Dan Testimoni Pelanggan Terhadap Minat Beli Konsumen Hp Samsung Di Marketplace Facebook ( Studi Kasus Pada Toko Mozamart Manado ) Influence of Promotions and Customer Testimonials on Consumer Purchase Interests of Samsung Hp in the Facebo. J EMBA Ekon Manaj Bisnis Dan Akunt 2022;10:1110–20.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Hadiansyah, I., Muslih, B., & Soedjoko, D. K. H. (2025). ANALISIS KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE, DAN TESTIMONIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU SNEAKERS DI MARKETPLACE (PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 964-969. https://doi.org/10.29407/6dj4nw64

Similar Articles

1-10 of 345

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>