PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO), HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE GLAD2GLOW DI TIKTOK
DOI:
https://doi.org/10.29407/fkxdz598Keywords:
Fear of Missing Out (FoMO), Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian, TikTokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parsial dan simultan dari fear of missing out (FoMO), harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk skincare Glad2Glow di platform TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal, melibatkan sampel sebanyak 85 responden mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri yang dipilih melalui teknik convenience sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel FoMO (t=4,016), harga (t=2,438), dan citra merek (t=3,720) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan (F=12,397) dan secara kolektif mampu menjelaskan 31,5% variasi pada variabel keputusan pembelian. Disimpulkan bahwa keputusan pembelian skincare Glad2Glow di TikTok tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor, melainkan oleh kombinasi terintegrasi antara dorongan psikologis, pertimbangan ekonomis, dan ikatan emosional pada merek.
References
[1] Bachri S. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Pengaruh content marketing dan electronic word of mouth ( E-WoM ) terhadap purchase decision produk Skin1004 yang dimediasi oleh fear of missing out ( FoMO ) ( studi kasus pada Gen Z di Kota Palu ) 1830;6:167–87.
[2] Aji DH, Sampurno, Yahya A, Purnamasari P, Wulandari A. Fear Of Missing Out As Intervening In Digital Marketing And Brand Image To Purchase Decision Fear Of Missing Out Sebagai Mediasi Digital Marketing Jumlah Kunjungan e-commerce Tahun 2023 ( dalam jutaan ). KENTAL 2020;xx:38–56.
[3] Persepsi DAN, Produk K, Minat T. Pengaruh Fear Of Missing Out, Electronic Word Of Mouth, Persepsi Harga, Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Minat Beli. Semin Inov Manaj BISNIS DAN Akunt 6 2021;1.
[4] Soleha F, Rizal M, Wahyuningtiyas N. Pengaruh Digital Marketing, Affiliate Marketing, Fear of Missing Out (FoMO), dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Facetology Pada Platform TikTok Shop (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Malang). E-Jurnal Ris Manaj 2024;13:627–38.
[5] Agustin SN, Nurlenawati N, Triadinda D. Indonesian Journal of Digital Business Pengaruh Advertising Content Value Terhadap Keputusan Pembelian Produk Coklat Dubai Bittersweet by Najla melalui Fear Of Missing Out ( FOMO ). ndonesian J Digit Bus 5(1) 146-162 Indones 2025;5:146–62.
[6] Sari ND, Prayitno SR, Afghani AA Al. Pengaruh FoMO Pada Promo Iklan Di TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Mahasiswa : Ditinjau dari E-Commerce The Effect of FoMO on Advertising Promos on TikTok on Purchasing Decisions By Student : Viewed from E-Commerce. JICN J Intelek dan Cendikiawan Nusant 2025:10148–59.
[7] Azhary CA, Brabo NA, Iswati H. Pengaruh Fear Of Missing Out ( FoMO ), Brand Image , dan Promosi Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian. Mandalika 2023:1155–61.
[8] Elisabet, Silaba B, Ivonne, Saerang, Maria, Tielung. Pengaruh Citra Merek, Fear Of Missing Out Dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Beli Pada Coffee Fore Kawasan Megamas MAnado. J Manag Modren 2021;9:311–23.
[9] Dzikri Swnm. Pengaruh Fear Of Missing Out, Sertifikasi Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Harga Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Gacoan Kota Lamongan). ournal Innov Res Knowl 2025;4:9489–504.
[10] Zukifar R. Metodologi Penelitian Kuantitatif. vol. 7. Kediri: Widina; 2020.
[11] Sardanto R, Sumantri BA. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Toko Online Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri). Semin Nas Manaj Ekon Akunt 2017;1:411–6.
[12] Monica G, Meilina R. Analisis Peran Keterampilan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Umkm Kerupuk Rambak Cap Ra Di Kabupaten Tulungagung. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:1327–34.
[13] Damayanti A, Arifin R, Rahmawati. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kenyamanan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Bakso Bogem. Riset, J Prodi, Manaj Fak Manaj Unisma, Bisnis 2023;12:510–8.
[14] Saputra NH, Thalib S, ... Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Online Store Guzzle Di Media Sosial. J Ris Manaj … 2019;4:709–18.
[15] Gunawan I, Dwikotjo Sri Sumantyo F, Ali H. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Suasana Tempat terhadap Kepuasan Konsumen pada WR. Gado-Gado Maya. J Komun dan Ilmu Sos 2023;1:1–17. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.114.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Windri Triandini, Samari, Itot Bian Raharjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
