PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO VETERAN

Authors

  • Milati Hasniyah Zahroh Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dyah Ayu Paramitha Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/h4bfvh14

Keywords:

Citra merek, harga, Kualitas Produk, Keputusan pembelian

Abstract

Veteran Store meneliti bagaimana citra merek, harga, dan kualitas memengaruhi keputusan pembelian. Studi kuantitatif ini melibatkan pelanggan ritel berpengalaman. Roscoe yakin analisis multivariat dari 40 sampel pelanggan dengan prosedur pengambilan sampel tidak disengaja akan menentukan sampel yang kebetulan. Untuk memahami hubungan antara variabel, analisis regresi linier berganda dilakukan dengan tingkat keyakinan 5%. Persepsi merek, harga, dan kualitas produk semuanya berperan dalam temuan uji-t tentang pengaruh pada pembelian akhir konsumen. Dengan menggunakan uji-F, menemukan bahwa konsumen mempertimbangkan persepsi merek, harga, dan kualitas produk sekaligus saat membuat pilihan pembelian. Persepsi merek, harga, dan kualitas produk semuanya memiliki dampak 61% pada keputusan pembelian akhir konsumen (nilai R kuadrat yang disesuaikan = 0,617).

References

[1] Purnomo H, Sardanto R, Muslih B. Signifikansi Harga, Fasilitas Dan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Hotel. J Ekobis Ekon Bisnis Manaj 2021;11. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.167.

[2] Hakimah E, Muslih B. Penerapan Strategi 7T Bisnis Ritel Dalam E-Commerce (On-Line Shop) Oleh Swalayan Golden Sebagai Media Pemasaran 2020:1–23.

[3] Mustofa AY, Wisnu S, Muslih B. Analisis Volume Penjualan Beras Lokal Ditinjau Dari Harga, Kualitas Produk Dan Pelayanan Di Toserba Bahagia Nganjuk. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akuntasi 2021;6.

[4] Hariyono DF, Dyah I, Paramitha DA. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Usaha Mikro Ud. Al Mubarokah Pare. Senma 2023;1:1–12.

[5] Tohari A, Ramadhani RA, Muslih B, Kurniawan A. Structural Equation Modeling: Taxpayer Compliance of Msmes in Kediri City. Rev Gest Soc e Ambient 2024;18:1–17. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n7-078.

[6] N Erlisa, Dina, Olivia PDA. Keputusan Pembelian Di Online Shop Callathrif Nganjuk 2023:179–88.

[7] Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2019.

[8] Muhammad K. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Tahun 2023 (SENASEKON 2023) 2023;2023:339–50.

[9] Nurisnaini P, Hadita NSK. Pengaruh Brand Image , Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Bulog ( Studi Kasus Konsumen Bulog Di Kelurahan Sukaringin Bekasi Utara ). J Penelit Ekon Manaj Dan Bisnis 2024;3.

[10] Hartadi W. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Sport Yamaha Yzf-R25 Di Kota Cilegon. J Ind Serv 2018;4. https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4097.

[11] Titing AS, Sudarnice, Sriwahyuni E. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Vivo (Studi Kasus pada Ziola Aneka Jaya Kolaka). ASSET J Manaj Dan Bisnis 2022;5. https://doi.org/10.24269/asset.v5i1.4817.

[12] Fadhila F, Munte S, Polewangi YD. Pengaruh Harga, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Singkong Saat Pandemi COVID-19 Di UKM Cap Rumah Adat Minang Medan. J Ilm Tek Mesin Ind 2022;1. https://doi.org/10.31289/jitmi.v1i1.1222.

[13] Kotler P, Keller KL. Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. 2019.

[14] Aziz G Al, Istikomah K. ( Studi Kasus Pada Konsumen Tepung Beras Rose Brand Di Dki 2024;2:1122–33.

[15] Musti AF, Sunarko H, Supriyadi. Pengaruh Kemasan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Beras Bulog di Kota Metro. J Agric Anim Sci 2023;3:61–9. https://doi.org/10.47637/agrimals.v3i2.916.

[16] Tjiptono F. Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta: Andi Offset; 2017.

[17] Hapsari KD, Recki PA. Peningkatan Kinerja Usaha Melalui Pembenahan Manajemen Usaha Studi Kasus Yayasan Habrul Ummah Indonesia Kota Bandung. J Ekon Dan Bisnis Islam 2023;13.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Zahroh, M. H., & Paramitha, D. A. (2025). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO VETERAN. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 747-754. https://doi.org/10.29407/h4bfvh14

Similar Articles

1-10 of 399

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>