OPTIMALISASI ANTRIAN DAN WAKTU TUNGGU KANTIN PROMISE UNP DENGAN TEORI ANTRIAN UNTUK EFISIENSI OPERASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.29407/wcbvc938Keywords:
Teori Antrian, Optimalisasi, Waktu Tunggu, Sistem Pelayanan, Efisiensi OperasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian di Kantin Promise UNP yang mengalami masalah antrean panjang dan waktu tunggu yang berlebihan selama jam sibuk. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan Teori Antrian model M/M/s, data primer dikumpulkan melalui observasi langsung untuk mengukur laju kedatangan pelanggan (λ) dan laju pelayanan (μ). Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem pelayanan saat ini secara konsisten tidak stabil, dengan tingkat utilitas sistem (ρ) selalu lebih besar dari 1, yang mengindikasikan laju kedatangan melebihi kapasitas pelayanan. Kondisi ini menyebabkan antrian yang terus bertambah dan waktu tunggu yang tidak efisien, sehingga berpotensi menurunkan kepuasan pelanggan. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan penambahan satu loket pelayanan (server) dari dua menjadi tiga selama jam puncak. Skenario usulan ini diproyeksikan mampu memperbaiki kinerja sistem secara drastis, dengan mengurangi waktu tunggu rata-rata dalam antrian (Wq) hingga 92%, dari 3 menit menjadi hanya 15 detik, dan menurunkan utilitas sistem ke tingkat yang stabil yaitu 50%.
References
[1] Afifah A, Wahyuni S, Zulianto M. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Produk Kosmetik Wardah. J Pendidik Ekon 2022;16:60–5.
[2] Arifiyani MN, Insani SF, Cahyaningrum BN. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Indonesia. UMMagelang Conf Ser 2024:594–603. https://doi.org/10.31603/conference.11871.
[3] Suryani NI, dkk. Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya HidupTerhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di KotaBogor. YUME J Manag 2021;4:254–72. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787.
[4] Yusnita Y, Marsa S. Analisis Teori Antrian Dan Pelayanan Pada Restoran Cepat Saji Richeese Di Bencolen Mall Kota Bengkulu. J Manag Innov Entrep 2024;1:230–7. https://doi.org/10.59407/jmie.v1i2.384.
[5] Pragana YA, Kurniawan R. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kursus Mengemudi Cv. Wijaya Kediri. … DAN BISNIS dan … 2022:234–43.
[6] Damayanti A, Arifin R, Rahmawati. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kenyamanan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Bakso Bogem. Riset, J Prodi, Manaj Fak Manaj Unisma, Bisnis 2023;12:510–8.
[7] Negara ZC, Ariyanti M. Analisis Kualitas Pelayanan Kantin GKU Universitas Telkom Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Telkom. Econ Prof Action 2020;2:54–66. https://doi.org/10.37278/eprofit.v2i2.304.
[8] Sulaiman, Mania S. Pengantar Metodolog Penelitian EDS REVISI. vol. 11. Jkarta: D publsiher; 2019.
[9] Bachri S. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Pengaruh content marketing dan electronic word of mouth ( E-WoM ) terhadap purchase decision produk Skin1004 yang dimediasi oleh fear of missing out ( FoMO ) ( studi kasus pada Gen Z di Kota Palu ) 1830;6:167–87.
[10] Persepsi DAN, Produk K, Minat T. PENGARUH FEAR OF MISSING OUT, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, PERSEPSI HARGA, DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI. Semin Inov Manaj BISNIS DAN Akunt 6 2021;1.
[11] Azhary CA, Brabo NA, Iswati H. Pengaruh Fear Of Missing Out ( FoMO ), Brand Image , dan Promosi Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian. Mandalika 2023:1155–61.
[12] Dzikri SWNM. PENGARUH FEAR OF MISSING OUT, SERTIFIKASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MIE GACOAN KOTA LAMONGAN). ournal Innov Res Knowl 2025;4:9489–504.
[13] Zukifar R. Metodologi Penelitian Kuantitatif. vol. 7. Kediri: Widina; 2020.
[14] Yuniarti CA, Dini AK, Jannah PC. Analisis Sistem Antrian dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Puskesmas Gunung Pati Kota Semarang. J Compr Sci 2024;3:4112–22. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.845.
[15] Sardanto R, Sumantri BA. PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI TOKO ONLINE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Pada Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri). Semin Nas Manaj Ekon Akunt 2017;1:411–6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohammad Jauhari Al Iqsan, Mike Tri Ardianti, Sunika Fara Dewanti, Ricky Priyo Wicaksono, Arthur Daniel Limantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
