STRATEGI PEMESANAN SEBLAK INCES MELALUI MEDIA SOCIAL UNTUK MEMINIMALISIR ANTRIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEORI ANTRIAN (QUEUNING THEORY)

Authors

  • Khofifah Wulandari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sintia Anggita Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anis Khoirunnisa' Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/y0k8ky34

Keywords:

Teori Antrean, Pemasaran Media Sosial, Efisiensi Layanan, Kepuasan Pelanggan, Seblak Inces

Abstract

Penelitian ini menganalisis permasalahan antrean panjang di Seblak Inces yang diakibatkan oleh kesenjangan antara strategi pemasaran media sosial yang masif dan kapasitas layanan yang tidak memadai. Kondisi ini menyebabkan waktu tunggu rata-rata mencapai 45-60 menit dan potensi kehilangan 15%-20% pelanggan. Menggunakan Teori Antrean model M/M/1, ditemukan bahwa tingkat utilitas sistem saat ini (ρ) sangat tinggi, mencapai 1.625, yang mengindikasikan ketidakstabilan sistem. Sebagai solusi, diusulkan strategi pemesanan berbasis media sosial melalui Grab dan WhatsApp Business untuk mengelola arus pelanggan. Simulasi sistem usulan menunjukkan penurunan signifikan pada tingkat utilitas menjadi 0.75, pengurangan waktu tunggu rata-rata menjadi kurang dari 10 menit, serta penurunan jumlah pelanggan dalam antrean menjadi kurang dari 3 orang. Hal ini secara drastis mengurangi potensi pelanggan pergi menjadi di bawah 2%. Oleh karena itu, implementasi strategi ini sangat direkomendasikan untuk meningkatkan efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan potensi penjualan.

References

[1] A. Sani, Herdi Budiman, Agusrawati, and D. Ruslan, “Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO,” jurnla matemaitrka dan statiska, vol. 4, pp. 704–709, 2024.

[2] P. Karyawan and T. Terhadap, “Jurnal ilmiah manajemen bisnis dan inovasi universitas sam ratulangi (jmbi unsrat) perspektif karyawan telkomgroup terhadap internalisasi,” J. Ilm. Manaj. BISNIS DAN Inov. Univ. SAM RATULANGI (JMBI UNSRAT), vol. 10, no. 2, pp. 1459–1471, 2022.

[3] S. K. Laoly, W. Usna, N. Ritonga, and H. Cipta, “Implementasi Teori Antrian Single Chanel Model (M/M/1) Menggunakan Microsoft Excel Dalam Pengujian Kelayakan Kendaraan Bermotor Pada Dinas Perhubungan Kota Medan,” Bilangan J. Ilm. Mat. Kebumian dan Angkasa, vol. 2, no. 3, pp. 53–60, 2024.

[4] R. Prilia, Df. Arsita, E. Syafitir, and Wahyuni, “PENGUATAN TEORI ANTRIAN PADA PENGAMBILAN DANA BANTUAN ANAK YATIM DAN MUSLIM LANJUT USIA (MUNSIA) DI BAZNAS PROVINSI SUMATERA UTARA,” Amaliah J. Pengabdi. Kpd. Masy. (AJPKM, vol. 8, no. 1, pp. 189–194, 2024.

[5] I. L. Siallagan, D. E. Sirait, and J. A. B. Sinaga, “Analisis Antrian dalam Pengoptimalan Pelayanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan menggunakan Model Antrian Multi Channel Single Phase,” Bull. Community Engagem., vol. 4, no. 2, pp. 20–33, 2024, [Online]. Available: https://attractivejournal.com/index.php/bce/

[6] D. Oktarini, “OPTIMASI JUMLAH PIT SERVIS BENGKEL SEPEDA MOTOR,” J. Desiminasi Teknol., vol. 13, no. 2021, pp. 11–16, 2025.

[7] Y. Yusnita and S. Marsa, “Analisis Teori Antrian Dan Pelayanan Pada Restoran Cepat Saji Richeese Di Bencolen Mall Kota Bengkulu,” J. Manag. Innov. Entrep., vol. 1, no. 2, pp. 230–237, 2024, doi: 10.59407/jmie.v1i2.384.

[8] R. Sardanto and B. A. Sumantri, “PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI TOKO ONLINE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Pada Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri),” Semin. Nas. Manaj. Ekon. Akunt., vol. 1, no. 2008, pp. 411–416, 2017.

[9] M. N. Arifiyani, S. F. Insani, and B. N. Cahyaningrum, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Indonesia,” UMMagelang Conf. Ser., pp. 594–603, 2024, doi: 10.31603/conference.11871.

[10] I. B. Raharjo and Department, “the Impact of Digital Transformation on Business Management,” Rev. Econ., vol. 73, no. 4, pp. 41–64, 2021, doi: 10.56043/reveco-2021-0035.

[11] Y. A. Pragana and R. Kurniawan, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kursus Mengemudi Cv. Wijaya Kediri,” … DAN BISNIS dan …, pp. 234–243, 2022, [Online]. Available: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/1814%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/download/1814/1383

[12] R. Zukifar, Metodologi Penelitian Kuantitatif, vol. 7, no. 2. Kediri: Widina, 2020.

[13] Sulaiman and S. Mania, Pengantar Metodolog Penelitian EDS REVISI, vol. 11, no. 1. Jkarta: D publsiher, 2019. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

[14] M. I. Heriyana, “Evaluasi Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard,” Simp. Manaj. dan Bisnis III Progr. Stud. Manaj. - FEB UNP Kediri, vol. Vol 4 No 2, pp. 201–206, 2019, [Online]. Available: https://jkp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKP/article/view/2206

[15] A. Damayanti, R. Arifin, and Rahmawati, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kenyamanan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Bakso Bogem,” Riset, J. Prodi, Manaj. Fak. Manaj. Unisma, Bisnis, vol. 12, no. 01, pp. 510–518, 2023.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Wulandari, K., Putri, S. A., Khoirunnisa', A., & Limantara, A. D. (2025). STRATEGI PEMESANAN SEBLAK INCES MELALUI MEDIA SOCIAL UNTUK MEMINIMALISIR ANTRIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEORI ANTRIAN (QUEUNING THEORY). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1729-1737. https://doi.org/10.29407/y0k8ky34

Similar Articles

1-10 of 317

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>