PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINTIFIC DI TIKTOK SHOP PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Authors

  • Abel Kurnia Pasifa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rino Sardanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/z8rya175

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Celebrity Endorsement, Keputusan Pembelian, Tiktok Shop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, harga, dan celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian produk Skintfic melalui platform TikTok shop. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2021 dengan sampel sebanyak 77 responden yang diambil melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan celebrity endorsement memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara individu maupun kolektif. Temuan ini memberikan sumbangan terhadap literatur pemasaran digital dan dapat berfungsi sebagai panduan praktis bagi perusahaan skincare dalam menyusun strategi promosi yang efisien di platform tiktok shop.

References

[1] Aikasari EP, Soeprajitno ED, Kurniawan R. ANALISIS KUALITAS PRODUK , PROMOSI DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SCARLETT MAHASISWA UNP 2024;3:523–32.

[2] Wulandari A, Ratnanto S, Nurzainul Hakimah E, Nusantara PGRI Kediri U, Ahmad Dahlan No JK, Kediri K, et al. Pengaruh Digital Marketing, Harga, Dan Kualias Produk Dalam Keputusan Pembelian Produk Skintific. Simp. Manaj. dan Bisnis III, vol. 3, Kediri: Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri; 2024, hal. 791–802.

[3] Edhy A. SKINCARE PRIA INDONESIA: TREN BARU GAYA HIDUP MODERN DI ERA BARU. marcomm 2025.

[4] Star A. Inovasi Digital: Membongkar Rahasia Kesuksesan Tik Tok Shop. all star 2024.

[5] Andini N. Compas Market Insight Dashboard: Skintific Menempati Posisi Pertama Penjualan Paket Kecantikan di Q1 2024 dengan Nilai Penjualan Lebih dari Rp 70 Miliar! compas.co.id 2024.

[6] HP A, Amin S, Indra D. Consumer Behavior In Purchasing On The TIKTOK Shop Marketplace. Proceeding Int Conf Econ Bus Inf Technol 2023;4:685–92. https://doi.org/10.31967/prmandala.v4i0.810.

[7] Yunita SE, Puspasari ID, Paramitha DA. PENGARUH HARGA , KUALITAS PRODUK , CELEBRITY ENDORSER TERHADAP 2024;3:308–18.

[8] Kotler P, Armstrong G. Principles of marketing. London: Harlow, Essex Pearson Education Limited; 2016.

[9] Aprelyani S, Ali H. Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Minat Beli Produk Skincare Somethinc Terhadap Keputusan Pembelian di E- Commerce Shopee pada Generasi Z 2024;2:163–73.

[10] Anugrah L. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA DIMEDIASI BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE DI SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN MERK THE ORIGINOTE DI SURABAYA) Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA) Surabaya 2023.

[11] Artika CR, Subagyo, Widodo MW. PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE LOKAL SOMETHINC. Simp. Manaj. dan Bisnis III, vol. 2, Kediri: Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri; 2023, hal. 197–206. https://doi.org/10.21776/jmppk.2023.02.1.20.

[12] Sinaga SM, Rochdianingrum WA. Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Shopee. J Ilmu dan Ris Manaj 2024;13:1–19.

[13] Oktavini N, Handayani R. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE PADA E-COMMERCE SHOPEE 2025;3:36–46.

[14] Sari FP, Kurniawan R. Pengaruh Promosi, Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Simp Manaj dan Bisnis I 2022;1:464–74.

[15] Farida F, Wiryani EA. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Serum Scarlett Whitening. Manag Account Expo 2023;6:10–9. https://doi.org/10.36441/mae.v6i1.1153.

[16] Putri GA. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Somethinc di Kota Bekasi 2023;1.

[17] Rahmadani D, Eka Febriansah R. Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorsement, dan e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). J Arsip UMSIDA 2024:1–13.

[18] Kholifah F. Pengaruh Social Media, Celebrity Endorsement Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Score J Lentera Manaj Pemasar 2023;01:11–20.

[19] Sugiyono P. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 2. Kota Bandung: ALFABETA, cv; 2021.

[20] Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2018.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Pasifa, A. K., Soeprajitno, E. D., & Sardanto, R. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINTIFIC DI TIKTOK SHOP PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 922-929. https://doi.org/10.29407/z8rya175

Similar Articles

11-20 of 404

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>