ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK KONSUMEN PADA KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DISTRICT HAIRSTUDIO KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Inge Oviliana Yulanda Puspitasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/1d72mc05

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di District Hairstudio Kabupaten Kediri. Kepuasan pelanggan merupakan variabel dependen dalam penelitian ini, sedangkan variabel independen adalah kualitas pelayanan, lokasi, dan store atmosphere. Data diperoleh dari pelanggan District Hairstudio Kabupaten Kediri. Jumlah sampel sebanyak 70 pelanggan dengan teknik stratified random sampling. Metode penelitian yang digunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 5% untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, lokasi, dan store atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, lokasi, dan store atmosphere secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil adjusted R square menunjukkan nilai 0,772 artinya bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 77%.

 

References

[1] Pulrnomo H, Samari S, Soeljoko DKH, Sylahroq KF. Minat Belli Selbagai Meldiasi Pelngarulh Pelrselpsi Harga, Citra Melrelk Dan Cellelbrityl ELndorselr Pada Kelpultulsan Pelmbellian Bulsana Melrelk 3selcond. Jelmb J Ilm Manaj 2021;18:137–50. https://doi.org/https://doi.org/10.29259/jmbt.v18i1.14311.

[2] Amalia LA, Zullistiani Z, Damaylanti S. Stratelgi Pelmasaran Mellaluli Social Meldia Instagram Dan Tiktok Ulntulk Melningkatkan Pelnjulalan (Stuldi Kasuls Ardana Stuldio). Pros Selmin Nas Manajelmeln, ELkon Dan Akulnt 2023;8:14–26.

[3] Kotlelr P, Kelllelr KL. Markelting Managelmelnt. 15th eld. Pelarson ELdulcation; 2017.

[4] Arianto N, Octavia BDA. Pelngarulh Kulalitas Pellaylanan dan Distribulsi telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian. J Disrulpsi Bisnis 2021;4. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9867.

[5] Shelllyla CIS, Prasojo A, Raharjo IB. Implelmelntasi stratelgi pelmasaran dalam melnjaga elksistelnsi dan melningkatkan kelpelrcaylaan calon konsulmeln pada lulna pielna weldding organizelr 1),2),3). J SIMANIS 2023;2.

[6] Hariylono DF, Dylah I, Paramitha DA. Analisis Stratelgi Pelmasaran ULntulk Melningkatkan Dayla Saing Pada ULsaha Mikro ULd. Al Mulbarokah Parel. Selnma 2023;1:1–12.

[7] Hartaroel BP, Mardani RM, Abs MK. Prodi manajelmeln 2016:82–94.

[8] Biantoro R. PELNGARULH LOKASI DAN HARGA TELRHADAP KELPULTULSAN PELMBELLIAN PRODULK MARTABAK BAPR. PELRFORMA 2021;6. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1911.

[9] Alma B. Manajelmeln Pelmasaran dan Pelmasaran Jasa Celtakan 5. Bandulng: CV Alfabelta. 2017.

[10] Fitriana O, ULtami N. Bulkul ajar stratelgi promosi pelnjulalan. Book 2017.

[11] Firmansylah A. Pelmasaran Produlk dan Melrelk (Planning & Stratelgyl). Pelnelrbit Qiara Meldia; 2019.

[12] Olivelr J. Pelngelrtian Kelpulasan. J Chelm Inf Modell 2017;53.

[13] Pulrnomo H, Sardanto R, Mulslih B. Signifikansi Harga, Fasilitas Dan Laylanan Telrhadap Kelpulasan Konsulmeln Jasa Hotell. J ELkobis ELkon Bisnis Manaj 2021;11. https://doi.org/10.37932/j.el.v11i1.167.

[14] Sulgiylono. Sulgiylono, Meltodel Pelnellitian dan Pelngelmbangan Pelndelkatan Kulalitatif, Kulantitatif, dan R&D , (Bandulng: Alfabelta, 2015), 407 1. Meltod Pelnellit Dan Pelngelmb Pelndelkatan Kulalitatif, Kulantitatif, Dan R&D 2023.

[15] Hidaylat ELW. Pelngarulh Storel Atmosphelrel, Promosi Pelnjulalan, Kulalitas Produlk Dan Kulalitas Pellaylanan Telrhadap Impullsel Bulyling (Stuldi Kasuls Pada Konsulmeln ACEL Hardwarel Pondok Indah Mall). Nat Melthods 2016;7.

[16] Hidaylat DR, Lultfiel H. Pelngarulh Kulalitas Produlk dan Harga telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Madul pada CV Madi Apiari Multiara di Kota Delpok pada Tahuln 2019. ELProceleldings Appl Sci 2020;6.

[17] Al -Aziz Litilolyl A. Pelngarulh Lokasi, Storel Atmosphelrel, Meldia Sosial, Dan Kulalitas Pellaylanan Telrhadap Prosels Kelpultulsan Pelmbellian Konsulmeln Di What’s Ulp Cafel Margonda. 2020.

[18] Haeldi AL. Pelngarulh Kulalitas Pellaylanan,Lokasi, dan Storel Atmosphelrel telrhadap Kelpulasan dan Loylalitas Konsulmeln Pada Keldai Kopi Dado Kalisari. Skripsi Fak Sains Dan Telknol ULniv Islam Nelgri Sylarif Hidaylatulllah 2021.

[19] Woultelrs MF. Pelngarulh Storel Atmosphelrel, Kulalitas Pellaylanan, dan Kulalitas Produlk telrhadap Kelpulasaan Konsulmeln McDonald’s Suldirman Kota YLogylakarta. Skripsi Fak Sains Dan Telknol ULniv Islam Nelgri Sylarif Hidaylatulllah 2023.

[20] Santoso A, Widowati SYL. Pelngarulh Kulalitas Pellaylanan, Fasilitas dan Lokasi Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian (Stuldi Kasuls Pada Kopima ULSM. J Din Sosbuld 2018;13.

[21] YLulranda MA. Pelngarulh Storel Atmosphelrel Telrhadap Kelpulasan Pellanggan Starbulcks Coffelel Suln Plaza Meldan. J Pelmbang Wil Kota 2019;1.

[22] Anshar A, Mashariono. Pelngarulh Lokasi, Harga Dan Kulalitas Pellaylanan Telrhadap Kelpulasan Pellanggan Pt. Jalulr Nulgraha ELkakulrir (JNEL) Gulnulng Anylar Sulrabayla. J Ilmul Dan Ris Manaj 2020;8.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Puspitasari, I. O. Y., Samari, & Raharjo, I. B. (2025). ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK KONSUMEN PADA KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DISTRICT HAIRSTUDIO KABUPATEN KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 494-502. https://doi.org/10.29407/1d72mc05

Similar Articles

31-40 of 303

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>