PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KURSUS DI SEGNO MUSIC COURSE KEDIRI

Authors

  • Pingit Sukmantianing Diah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ema Nurzainul Hakimah Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Di perkembangan musik yang sudah sangat pesat ini banyak para pemuda pemudi yang masuk dan mulai berkecimpung di dunia musik, tidak hanya orang dewasa saja  yang bisa berkecimpung di dunia musik anak-anak pun juga bisa mengasah keinginan bermusiknya untuk anak usia dini juga sangat penting dan memberikan efek-efek positif terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak dalam masa golden age. Musik dapat mengembangkan sosial dan karakter seseorang, diantaranya yaitu kepercayaan diri yang tinggi, pengekspresian diri, disiplin yang tinggi, kreativitas individu, kemampuan akademik dan bersosial yang baik. Pendidikan musik dipercaya sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk mendidik dan membentuk karakter anak. Dalam penelitian ini variabel dependen adalah kepuasan pelanggan, sedangkan variael independent adalah promosi. Jumlah sampel sebanyak 40 responden dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji f menunjukkan bahwa variabel promosi secara simultan berengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Segno Music Course Kediri.

Downloads

Published

2023-08-08