ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA FINTECH GOPAY

(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri)

Authors

  • Dea Millennia Jovanna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ema Nurzainul Hakimah Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Brand Image, Brand Awareness, Brand Trust, Brand Loyality, Fintech

Abstract

Bisnis financial technology di Indonesia banyak menunjukkan perkembangan yang pesat. Salah satu layanan e-payment yang sedang tumbuh di Indonesia adalah Gopay. Gopay merupakan e-wallet yang dimiliki oleh PT Dompet Karya Anak Bangsa. Peneliti memilih Gopay karena Gopay merupakan produk e-wallet pertama di Indonesia dan menurut sumber DailySocial.id, Gopay merupakan layanan e-wallet yang paling sering digunakan pada tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan loyalitas brand Gopay dapat bertahan di tengah-tengah persaingan industri fintech dengan menggunakan analisis brand image, brand awareness, dan brand trust. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image, brand awareness, dan brand trust berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel brand loyalty. Kebaruan penelitian ini adalah meneliti kekuatan brand loyalty Gopay sebagai pelopor fintech pertama di Indonesia menghadapi persaingan perusahaan fintech lainnya saat ini.

Downloads

Published

2022-08-01