PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Sevi Rianita Universitas Nusa Megarkencana
  • Dhiana Ekowati Universitas Nusa Megarkencana
  • Sapta Aji Sri Margiutomo Universitas Nusa Megarkencana
  • Maria Magdalena Pur Dwiastuti Universitas Nusa Megarkencana
  • Wendri Sukmarani Universitas Nusa Megarkencana

DOI:

https://doi.org/10.29407/h4emvm36

Keywords:

Digital Marketing, Brand Image, Brand, Keputusan Pembelian, Bakpia Kukus Tugu Jogja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening pada konsumen bakpia kukus tugu jogja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data primer diproleh dari kuesioner dan diukur menggunakan skala likert, dengan pengujian validitas, realibilitas, dan uji hipotesis menggunakan software SmartPLS 4.0, dengan jumlah responden 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dengan nilai p-value 0.000<0.05 dan t-statistik 18.063>1.98, brand image terhadap keputusan pembelian dengan nilai p-value 0.000<0.05 dan t-statistik 4.728>1,98, digital marketing terhadap keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening dengan nilai  p-value 0.000<0.05 dan t-statistik 4.267>1.98. Oleh karena itu, bakpia kukus tugu jogja dapat memanfaatkan dan meningkatkan digital marketing sebagai alat yang efektif untuk memperkuat brand image dan brand awareness untuk peningkatan penjualan produk.

References

[1] Mulyansyah GT, Sulistyowati R. Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidik Tata Niaga 2020;9:1097–103.

[2] Fadhli K, Pratiwi ND. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumenposkopi Zio Jombang. J Inov Penelit 2021;2:603–12.

[3] Dewi AAIS, Indiani NLP. Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Aqua. E-Jurnal Ekon dan Bisnis Univ Udayana 2022;11:87. https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i01.p08.

[4] Ekowati D, Sukmarani W, Susilawati R, Irfanudin T. Pengaruh Brand Image, Desain Produk, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian. Pros Simp Nas Manaj dan Bisnis 2024;3:62–74.

[5] Warsiman W, Ekowati D, Kholisoh L, Supardi S, Susilawati R. The Influence of Entrepreneurship and Digital Marketing on Sustainable Economic Development. IJBE (Integrated J Bus Econ 2024;8:667. https://doi.org/10.33019/ijbe.v8i1.816.

[6] Hadiyati R, Harto B, Ekowati D, Jefriyanto J, Santosa S. Analysis of The Influence of Financial Literacy Digitalization, Digital Word of Mouth, Digital Marketing and Brand Image on Z’s Generation Saving Intention in Sharia Banking. MALCOM Indones J Mach Learn Comput Sci 2023;3:180–7. https://doi.org/10.57152/malcom.v3i2.918.

[7] Syah MD, Ali H, Khan MA. Determinasi Minat Beli dan Keputusan Pembelian: Analisis Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi Flos Cibitung. J Manaj dan Pemasar Digit 2024;2:273–85.

[8] Alfian R, Nugroho FW, Yuliana L. Analysis of Brand Awareness, Brand Loyalty and Brand Reputation on Purchase Decisions. J Bisnis dan Manaj 2024;11:63–74.

[9] Farhan M, Pratiwi N. Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Produk pada Keputusan Pembelian Melalui Brand Awareness 2024.

[10] Razak MI, Taan H, Niode IY. Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Awareness pada McDonald’s Gorontalo. CENDEKIA J Penelit dan Pengkaj Ilm 2024;1:291–304. https://doi.org/10.62335/9kzpkp07.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Rianita, S., Ekowati, D., Margiutomo, S. A. S., Dwiastuti, M. M. P., & Sukmarani, W. (2025). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 30-35. https://doi.org/10.29407/h4emvm36

Similar Articles

1-10 of 270

You may also start an advanced similarity search for this article.