MEDIASI GREEN TRUST PADA DETERMINANT GREEN PURCHASE INTENTION

Authors

  • Aprilia Dian Evasari Universitas Islam Kadiri
  • Ahmad Yani Universitas Islam Kadiri

Keywords:

Green Brand Image, Eco-Label, Green Perceived Quality, Green Trust, Green Purchase Intention

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Green Brand Image, Eco-Label dan Green Perceived Quality terhadap green purchase intention dimediasi green trust konsumen kosmetik ramah lingkungan di Kediri. Populasi penelitian ini adalah konsumen online produk ramah lingkungan pada SUDUT CANTIK OFFICIAL di Shopee sebanyak 163 responden. Jumlah sampel sebanyak 116 responden dengan metode slovin. Teknik pengambilan sampel adalah teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi pustaka. Analisis data menggunakan path analysis. Kebaruan dalam peneltian ini adanya penggabungan beberapa variabel (determinan green purchase intention) kosmetik ramah lingkungan di Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Perceived Quality dan green trust memiliki pengaruh langsung terhadap green purchase intention, namun pengaruh langsung pada Green Brand Image dan Eco-Label tidak berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention. Sedangkan untuk pengaruh mediasi menunjukkan bahwa green trust mampu memediasi pengaruh Green Brand Image, Eco-Label, dan Green Perceived Quality terhadap green purchase intention.

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Evasari, A. D., & Yani, A. (2024). MEDIASI GREEN TRUST PADA DETERMINANT GREEN PURCHASE INTENTION . Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 48–61. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/4940