PENGARUH CRM, PROMOSI PENJUALAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI LISENSI COFFEE
DOI:
https://doi.org/10.29407/e4tg7d54Keywords:
CRM, Promosi Penjualan, Store Atmosphere, Kepuasan Pelanggan, Coffee ShopAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki apakah CRM (Customer Relationship Management), Promosi Penjualan, dan Store Atmosphere berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan di Lisensi Coffee. Pendekatan kuantitatif dengan desain kausal digunakan, dan data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada 100 responden pelanggan Lisensi Coffee yang telah berkunjung lebih dari sekali dan berusia 17 tahun atau lebih. Teknik purposive sampling diterapkan, dan analisis data meliputi uji asumsi klasik, uji linearitas, serta regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM, Promosi Penjualan, dan Store Atmosphere berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Pelanggan, dengan Store Atmosphere memiliki pengaruh terbesar (β = 0,536). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,974 mengindikasikan bahwa 97% Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh ketiga variabel tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan mengintegrasikan ketiga variabel dalam konteks coffee shop, serta implikasi praktis bagi pemilik usaha untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui strategi CRM yang efektif, Promosi Penjualan yang menarik, dan Store Atmosphere yang nyaman.
References
[1] Novianti N, Adhari AS, Insani B. Analisis Promosi Coffeshop Terhadap Kepuasan. J Akuntansi, Keuangan, Pajak Dan Inf 2023;3:77–84.
[2] Ikhwan S, Khojin, NurAnwar RS. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei). AURELIA J Penelit Dan Pengabdi Masy Indones 2022;1:88–95. https://doi.org/10.57235/aurelia.v1i1.34.
[3] Philip Kotler KLK. Management & Marketing. 2019.
[4] Gultom DK, Arif M, Muhammad Fahmi. Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Determ Kepuasan Pelangg Terhadap Loyal Pelangg Melalui Kepercayaan 2020;3:273–82.
[5] Sigit Ratnanto HP. Substansial Kepuasan Konsumen Rumah Makan “Soto Dok Lamongan” Nganjuk Sigit. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan AkuntasINasional Manajemen, Ekon Dan Akuntasi 2020.
[6] Widyana SF, Firmansyah H. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Convese. J Bisnis Dan Pemasar 2021;11:11.
[7] Akbar Iman Rufman. Customer relationship management (Manajemen Hubungan Pelanggan). 2021.
[8] Cahya putra FK, Farida N. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Promosi Penjualan Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Konsumen Alfa Cell di Semarang). J Ilmu Adm Bisnis 2021;10:1121–34. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.30991.
[9] Adriansyah D, Saputri ME. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Go-Food di Kota Bandung. J Entrep Manag Ind 2020;3:123–8.
[10] Antari NPIS, Anggraini NPN, Ribek PK. Pengaruh Promosi, Suasana Cafe Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hangout Acoustic Cafe Gianyar. J Emas 2021;2:51–70.
[11] Ribut Yuni Lestari1, Sigit Ratnanto2 HP. ANALISIS STORE ATMOSPHERE, LOKASI USAHA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA COFFEE SHOP HOMELY KOFFEE KOTA KEDIRI Ribut. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt 2021.
[12] Arianty N. Store Atmosphere pada Usaha Kuliner untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat. UMSU press; 2022.
[13] Putri YN, Sutrisna E. Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen ER Cofffe Pekanbaru. El-Mal J Kaji Ekon Bisnis Islam 2023;5:99–111. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i1.3406.
[14] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2 2020:III–434.
[15] Saks AM. Employee engagement. Encycl Hum Resour Manag Second Ed 2023:94-1–95. https://doi.org/10.1177/0258042x1103700104.
[16] Ananda Bayu Setiawan1, Edy Djoko2 RS. PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, KENYAMANAN CAFE, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KEDAI. J JTIK (Jurnal Teknol Inf Dan Komunikasi) 2024;3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chornes Vraylin Maurisyen, Edy Djoko Soeprajitno, Itot Bian Raharjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
