PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, KENYAMANAN CAFE, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KEDAI MUTIA

Authors

  • Ananda Bayu Setiawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Suprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rino Sardanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Customer Relationship Management, Kenyamanan Cafe, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh customer relationship management (CRM), kenyamanan cafe dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan yang dilakukan pada cafe Kedai Mutia dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini merupakan pelanggan dari Kedai Mutia dan menggunakan sampel sebanyak 63 responden. Menggunakan teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship management dan kenyamanan cafe secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Kedai Mutia. Namun kepuasan pelanggan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pada Kedai Mutia. Secara simultan customer relationship management (CRM), kenyamanan cafe dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Kedai Mutia.

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Setiawan, A. B., Suprajitno, E. D., & Sardanto, R. (2024). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, KENYAMANAN CAFE, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KEDAI MUTIA. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 513–522. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/4809