Analisis Kualitas Pelayanan Dan Keaneragaman Produk Koperasi Simpan Pinjam Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Koperasi Bhayangkara

Main Article Content

Adam Indrasto
Ema Nurzainul Hakimah

Abstract

ABSTRAK


ADAM INDRASTO : Analisis Kualitas Pelayanan Dan Keaneragaman Produk Koperasi Simpan Pinjam Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Koperasi Bhayangkara., Skripsi, Manajemen, FEB UNP Kediri, 2021.


 


Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Keaneragaman Produk Koperasi Simpan Pinjam, Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Bhayangkara


 


 


            Pasar bebas merupakan salah satu peluang sekaligus ancaman yang sedang dihadapi oleh Indonesia. Sebagai negara yang menerapkan demokrasi Pancasila, Indonesia memiliki kedaulatan dalam mengatur ekonomi dalan negeri dan dapat menjadi solusi dari dampak negative pasar bebas yaitu koperasi, namun pada kenyataannya koperasi juga mengalami kelambatan dalam pertumbuhan usahanya.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan keanekaragaman produk terhadap keputusan menjadi anggota koperasi pada pada koperasi Bhayangkara. Hal ini diharapkan dengan temuan penelitian ini dapat menambah dalam pengalaman kebijakan koperasi kedepannya, sehingga koperasi benar-benar mampu menjadi solusi kesejahteraan anggota keluarga dan harapan ekonomi Indonesia umumnya.


            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana untuk menguji kualitas pelayanan dan kenekragaman produk koperasi simpan pinjam terhadap kepuutusan menjadai anggota koperasi Bhayangkara Kabupaten Kediri dengan random sampling sejumlah 40 responden. Software SPSS v.23 for windows digunakan untuk membantu mengolah data menguji pengaruh secara parsial maupun simultan.


            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan kualitas pelayanan dan keanekaragaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota koperasi.


 

Article Details

How to Cite
Indrasto, A. ., & Hakimah, E. N. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Keaneragaman Produk Koperasi Simpan Pinjam Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Koperasi Bhayangkara. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 487–492. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/865
Section
Articles

References

Armada, Danu and Indrarini Oetoro. 2017. “Analisis [Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Apotek BM-41 Gresik.” Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo 25(2).

Boediono, Meilina, Sonata Christian, and Dewi Mustikasari Immanuel. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax.” Manajemen Dan Start-Up Bisnis 3(1).

Daryanto, I. 2014. Konsumen Dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Linda Karya.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multi Variate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>