ANALISIS BALANCE SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA SENTRA TENUN IKAT MEDALI MAS KEDIRI)

Authors

  • Adina Mukti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lilia Pasca Riani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diah Ayu Septi Fauji Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

balance scorecard, pengukuran kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Tenun Ikat Medali Mas Kediri secara empiris dengan menggunakan balance scorecard sebagai tolok ukurnya agar dapat menjadi tolok ukur untuk lebih baik lagi. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan empat perspektif balance scorecard yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Tenun Ikat Medali Mas dilihat dari perspektif keuangan sudah baik karena mampu meningkatkan laba perusahaan dari tahun ke tahun. Pada perspektif pelanggan yang diukur dari customer satisfaction index sudah baik karena pelanggan merasa puas dengan pelayanan ataupun produk Tenun Ikat Medali Mas. Sedangkan pada perspektif proses bisnis internal juga sudah baik diukur dari inovasi produk, lead time dan cukup baik diukur dari Part Million Defect Rate Error Rate (PMDR). Perspektif pembelajaran dan pengukuran yang diukur dari employee satisfaction index sudah baik karena karyawan telah puas selama bekerja pada Tenun Ikat Medali Mas.

References

Dally, Dadang. 2010. Balance Scorecard: Suatu Pendekatan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosda.

Eviana. 2016. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Penyedia Jasa Keuangan dengan Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus pada PT BPRS Artha Pamenang). Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Gaspersz, Vincent. 2006. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balance Scorecard dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintahan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaplan, Robert S and Norton, David P. 2000. Balance Scorecard:Menerapkan Strategi Menjadi Aksi.Jakarta: Erlangga.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mahsun, M. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi.Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyadi. 2009. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balance Scorecard.Yogyakarta:UPP-STIM YKPN.

Sugiyono. 2016. Metode Penellitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.W. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka baru press.

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja, Edisi Keempat. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2017-12-08

How to Cite

1.
ANALISIS BALANCE SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA SENTRA TENUN IKAT MEDALI MAS KEDIRI). SENMEA [Internet]. 2017 Dec. 8 [cited 2025 Dec. 10];2(1):439-44. Available from: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/553

Similar Articles

11-20 of 152

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)