PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK ROTI TAWAR “DELLA”

Main Article Content

Moch. Agus Hariyanto
Diah Ayu Septi Fauji
Lilia Pasca Riani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana indentifikasi jenis-jenis kerusakan/kecacatan produk di Perusahaan Roti Tawar “DELLA”, bagaimana tingkat pengendalian kerusakan produk di Perusahaan Roti Tawar “DELLA”, faktor-faktor apa yang berpengaruh dalam upaya pengendalian kualitas produk di Perusahaan Roti Tawar “DELLA” .Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah hasil produksi dari Perusahaan Roti Tawar “DELLA” dan dianalisis menggunakan metode Statistical Process Control. 


Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis dari tabel, gambar serta grafik dapat kita ketahui identifikasi jenis-jenis kerusakan produk yaitu : terdapat kotoran, salah potong, warna tidak sesuai, ukuran kecil, ukuran besar, berdasarkan grafik Peta Kendali (P-Chart) dapat kita ketahui bahwa pengendalian kualitas produk di Perusahaan Roti Tawar “DELLA” belum cukup baik. Hal ini dapat di lihat dengan masih ada 11 titik yang berada di luar batas kendali LCL dan UCL, berdasarkan analisis pada diagram sebab akibat (fishbone) dapat kita lihat faktor-faktor pengendalian kualitas pada Perusahaan Roti Tawar DELLA disebabkan oleh beberapa hal, yaitu : material (bahan baku), bahan tambahan, alat, serta manusia/pekerja.

Article Details

How to Cite
Hariyanto, M. A. ., Fauji, D. A. S. ., & Riani, L. P. (2017). PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK ROTI TAWAR “DELLA”. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, 2(1), 15–22. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/547
Section
Articles

References

Assauri, Sofjan. 2016. Manajemen Operasi Produksi. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Bakhtiar S dkk. 2013. Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistical Process Quality Control (SQC) (Studi Kasus : UD. Mestika Tepaktuan). Aceh. Universitas Malikussaleh.

Darsono. 2013. Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Pada PT. Albata Semarang. Semarang.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media.

Heizer, Jay dan Render, Barry. 2015. Manajemen Operasi ed11. Jakarta. Salemba Empat.

Kotler dan Amstrong. 2012. Manajemen Pemasaran Produk. Jakarta. Airlangga.

Riani LP. 2016. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Putih (Studi Kasus : Pada Home Industri Tahu Kasih Di Kabupaten Trenggalek). Kediri. Universitas PGRI Kediri

Sinambela dan Poltak L. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Setiawan, Heru dkk. 2015. Analisis Kualitas Guna Mengurangi Tingkat Kerusakan Keramik Menggunakan Statistical Quality Control (SQC) (Studi Kasus : PT. Arwana Anugrah Keramik). Palembang. Universitas Bina Darma.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suradi. 2012. Pengendalian Kualitas Produk Bandeng Presto Menggunakan Metode Fishbone Pada Perusahaan Sahabat Bandeng Pangkep. Makasar. Universitas Islam Makasar.

Tjiptono, Fandy. 2008. Total Quality Manajemen. Yogyakarta. ANDI.