ANALISIS KEPUASAN PENGHUNI PERUMAHAN GRIYA JOMBANGAN MELALUI LOKASI, FASILITAS, DAN PROMOSI

Authors

  • Destriella Qoirunissa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Ratnanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/8vhxyt03

Keywords:

Lokasi, Fasilitas, Promosi, Kepuasan Penghuni, Perumahan

Abstract

Perkembangan sektor perumahan di Indonesia menunjukkan perubahan yang signifikan, terutama pada awal tahun 2000-an, tingkat kepuasan penghuni menjadi elemen penting untuk keberlangsungan dan reputasi para pengembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan penghuni Perumahan Griya Jombangan dengan fokus pada tiga variabel utama: lokasi, fasilitas, dan promosi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui survei, di mana data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada penghuni Perumahan Griya Jombangan. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dan inferensial, termasuk regresi berganda, untuk menentukan pengaruh masing-masing variabel terhadap kepuasan penghuni. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel lokasi, fasilitas, dan promosi secara bersama-sama dan terpisah memiliki dampak signifikan terhadap kepuasan penghuni Perumahan Griya Jombangan. Secara khusus, lokasi yang strategis dan mudah diakses, serta kedekatannya dengan fasilitas umum memberikan kontribusi terbesar terhadap kepuasan. Selain itu, keberadaan dan kualitas fasilitas perumahan yang memadai, seperti taman, sistem keamanan, dan sarana ibadah, juga berperan penting. Implikasi dari hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembang Perumahan Griya Jombangan secara khusus, dan pengembang perumahan secara umum, untuk menekankan pentingnya lokasi dan fasilitas dalam setiap proyek yang dikembangkan. Selain itu, strategi promosi yang tepat harus terus diperbaiki untuk menarik minat calon pembeli dan memastikan informasi yang akurat disampaikan. Dengan langkah ini, tingkat kepuasan penghuni dapat dijaga dan bahkan ditingkatkan, yang pada akhirnya akan mendukung keberhasilan bisnis perumahan di masa yang akan datang.

References

[1] JABABEKA. Rumah Tinggal: Definisi, Fungsi, dan Tips Memilih Hunian yang Ideal 2023.

[2] Sholikah, Ainul; Fauji, Diah Ayu Septi; Purnomo H. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusat Oleh-Oleh GTT Kediri. Simp Manaj dan Bisnis 2024;3:203–12.

[3] Lestari RP, Subagyo S, Purnomo H. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Barokah Laundry. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:935–45.

[4] Kadi DCA, Purwanto H, Ramadani LD. Pengaruh E-Promotion, E-WOM dan lokasi terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Manag Bus Rev 2021;5:224–38. https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.5833.

[5] Promosi FDAN, Sugianto R, Ginting SO. Sugianto-jurnal 2020:1–12.

[6] Kusumawati Y, Samari, Purnomo H. Upaya meningkatkan volume penjualan melalui kualitas produk, harga dan promosi pada ud jawa mandiri. Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akuntasi 2021;6 (1):97–108.

[7] Ratnanto S, Purnomo H. Substansial Kepuasan Konsumen Rumah Makan “Soto Dok Lamongan” Nganjuk. Univ Nusant PGRI Kediri 2017;01:1–7.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Qoirunissa, D., Samari, & Ratnanto, S. (2025). ANALISIS KEPUASAN PENGHUNI PERUMAHAN GRIYA JOMBANGAN MELALUI LOKASI, FASILITAS, DAN PROMOSI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 266-273. https://doi.org/10.29407/8vhxyt03

Similar Articles

1-10 of 209

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>