Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bangun Pintar Pada Materi Sifat Bangun datar untuk Siswa Kelas 4 SDN Burengan 4

Authors

  • Rasid Farhan Daroin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/16ex8n73

Keywords:

multimedia interaktif, sifat bangun pintar, bangun datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran bangun pintar pada materi sifat bangun datar untuk siswa kelas 4 SDN Burengan 4. Latar belakang penelitian adalah penggunaan media belajar yang berfokus pada guru, sehingga siswa cenderung pasif. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan valid (86,5%), praktis (88,5%), dan efektif (86%) dalam meningkatkan pemahaman siswa. Multimedia interaktif ini dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa

References

Febrianti, R. A., & Arisetyawan, A. (2022). Pengembangan Media

Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Permainan Engklek dengan Model ADDIE. Didaktika.

Tralisno, A., et al. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berbasis Simulasi. Primatika.

Ismardianto, I., Astuti, I., & Suratman, D. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Kontekstual Materi Bangun Datar SD. Pendas.

Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325.

https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325

Astuti, W., Fitriana, L., & Sari, A. R. (2020). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Diyana, M., Fadillah, N., & Nurul, F. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2), 100–108.

Enjang, S., & Sulastri, R. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Junaidi. (2019). Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 45–53.

Maria, F., Zahrani, N., & Anwar, S. (2019). Visualisasi Abstrak Menjadi Konkret melalui Multimedia. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 10(1), 55–62.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.

Mulyatiningsih, E. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Nurhalifah, A., Rahayu, P., & Hasanah, U. (2024). Pengaruh Media Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 17–24.

Rustandi, A., & Rismayanti, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Model R&D. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(2), 145–152.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Simbolon, R. (2022). Pemahaman Konsep Geometri melalui Media Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika SD, 5(3), 80–89.

Supriyono, B. (2018). Penggunaan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Surjono, H. D. (2019). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.1690

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 77–85.

Wulandari, R. (2022). Penggunaan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 58–66.

Yasaroh, N., & Tika, S. (2023). Pengembangan Media Interaktif “Si Bandar” pada Materi Sifat Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 8(2), 35–42.

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bangun Pintar Pada Materi Sifat Bangun datar untuk Siswa Kelas 4 SDN Burengan 4. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1684-1690. https://doi.org/10.29407/16ex8n73

Similar Articles

21-30 of 129

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>