Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bangun Pintar Pada Materi Sifat Bangun datar untuk Siswa Kelas 4 SDN Burengan 4
DOI:
https://doi.org/10.29407/16ex8n73Keywords:
multimedia interaktif, sifat bangun pintar, bangun datarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran bangun pintar pada materi sifat bangun datar untuk siswa kelas 4 SDN Burengan 4. Latar belakang penelitian adalah penggunaan media belajar yang berfokus pada guru, sehingga siswa cenderung pasif. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan valid (86,5%), praktis (88,5%), dan efektif (86%) dalam meningkatkan pemahaman siswa. Multimedia interaktif ini dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa
References
Febrianti, R. A., & Arisetyawan, A. (2022). Pengembangan Media
Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Permainan Engklek dengan Model ADDIE. Didaktika.
Tralisno, A., et al. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berbasis Simulasi. Primatika.
Ismardianto, I., Astuti, I., & Suratman, D. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Kontekstual Materi Bangun Datar SD. Pendas.
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325.
https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325
Astuti, W., Fitriana, L., & Sari, A. R. (2020). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Diyana, M., Fadillah, N., & Nurul, F. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2), 100–108.
Enjang, S., & Sulastri, R. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Junaidi. (2019). Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 45–53.
Maria, F., Zahrani, N., & Anwar, S. (2019). Visualisasi Abstrak Menjadi Konkret melalui Multimedia. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 10(1), 55–62.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
Mulyatiningsih, E. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Nurhalifah, A., Rahayu, P., & Hasanah, U. (2024). Pengaruh Media Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 17–24.
Rustandi, A., & Rismayanti, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Model R&D. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(2), 145–152.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Simbolon, R. (2022). Pemahaman Konsep Geometri melalui Media Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika SD, 5(3), 80–89.
Supriyono, B. (2018). Penggunaan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Surjono, H. D. (2019). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.1690
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 77–85.
Wulandari, R. (2022). Penggunaan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 58–66.
Yasaroh, N., & Tika, S. (2023). Pengembangan Media Interaktif “Si Bandar” pada Materi Sifat Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 8(2), 35–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rasid Farhan Daroin, Nurita Primasatya, Kukuh Andri Aka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
