Pengembangan Media Pembelajaran The Storyboard of Animals Materi Fabel di Kelas II SDN Ngadi
Keywords:
Media Pembelajaran, The Story Board Of Animals, Papan Cerita BinatangAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi observasi dan wawancara di SDN NGADI terdapat
permasalahan Pembelajaran bahasa Indonesia.Adapun Penelitian ini bertujuan
untuk (1) Mengetahui kevalidan media The Story Board Of Animals (Papan Cerita
Binatang) pada materi fabel atau dongeng binatang pada kelas II SDN Ngadi Mojo.
(2) Mengetahui kepraktisan media The Story Board Of Animals (Papan Cerita
Binatang) pada materi fabel atau dongeng binatang pada kelas II SDN Ngadi Mojo.
(3) Mengetahui keefektifan media The Story Board Of Animals (Papan Cerita
Binatang) pada materi fabel atau dongeng binatang pada kelas II SDN Ngadi
Mojo.Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development)
Model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah kelas II SDN NGADI yang berjumlah 28
peserta didik Dan SDN GANDU yang berjumlah 10 peserta didik. Hasil Kevalidan
dari ahli materi dan media mendapat skor dengan rata-rata skor 84%. Dan Hasil
kepraktisan skala terbatas mendapat skor dengan rata-rata skor 91%, Hasil
Kepraktisan skala luas mendapat skor dengan rata-rata skor 87%. Sedangkan hasil
kefektifan skala terbatas mendapatkan skor dengan rata-rata 84 dan hasil
keefektifan skala luas mendapat skor dengan rata-rata 90
References
Supriadin, S. (2016). Identifikasi Penggunaan Kosakata Baku dalam Wacana Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Wera Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(2), 150-161
Mulyanirngsih, I. (2017). Sikap mahasiswa terhadap bahasa indonesia. Indonesian Language Erducatiron and Lirterraturer, 3(1), 79-87.
Putri, Ayu Dwi Kesuma, and Nani Imaniyati. "Pengembangan profersi guru dalam meningkatkan kinerja guru (Professional deverlopment of teachers in improving the performance of teacher)." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2.2 (2017): 93-101.
Rahayu, Entin Fuji. "Manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kercerdasan majemuk peserta didik." Manajemen Pendidikan 24.5 (2015): 357-366.
Nurrirta, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Erica, Sukmawarti. "Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pemberlajaran PKN Di SD."
Abilirty: Journal of Educatiron and Social Analysis (2021): 110-122.