Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Self Esteem Siswa Kelas V SDN Mrican 1 Kota Kediri
Keywords:
Verbal Bullying, Self EsteemAbstract
Sekolah adalah tempat menimba ilmu dan pembentukan karakter, sering menjadi tempat tumbuhnya praktek-praktek bullying. Verbal bullying atau perundungan dengan kata-kata yang biasanya kita hanya menganggap ejekan remeh bisa saja sangat berdampak pada psikologis seseorang. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan tentang pengaruh verbal bullying terhadap self esteem siswa kelas V SDN Mrican 1 Kota Kediri. Dalam penelitian ini hasil yang diharapkan dapat bermanfaat memberikan informasi penting bagi pihak-pihak terkait maupun sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SDN Mrican 1 Kota Kediri. Dalam penelitian ini populasinya merupakan siswa kelas 2 sampai kelas 5. Pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang digunakan merupakan siswa kelas 5 yang berjumlah 33 siswa. Pengambilan data yang dilakukan yaitu observasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan uji hipotesis memakai analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima, artinya verbal bullying mempengaruhi self esteem siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mrican 1 Kota Kediri.
References
Baron, Robert, A., & Byrne, D. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Creswell, John W. 2014. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. YOGYAKARTA : PUSTAKA PELAJAR
Chakrawati, Fitria. 2015. Bullying Siapa Takut?.Jakarta: Tiga Ananda
Ghufron dan Risnawati 2010. Teori-teori psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Group.
Kusuma, Monica P. 2014. “Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Delengan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Khairiah, dkk. (2013). Korelasi Antara Perilaku Bullying Dan Tingkat Self-Esteem Pada Pelajar Dua Buah SMPN Di Surabaya.
Sekol Ivana dan Farrington David P. 2016. Personal Characteristics of Bullying Victims in Residential Care for Youth. Journal of Aggression, Conflict and Peace Research, Vol. 8 No. 2, pp. 99-113.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Puan Nur Jannah, Novi Nitya Santi, Ilmawati Fahmi Imron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.