PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN WARDAH

Authors

  • Safira Ratuhening Nur Kuncoro Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zulistiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rony Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/64z2kn10

Keywords:

Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian, sunscreen Wardah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sunscreen Wardah pada mahasiswa jenjang Diploma dan Sarjana di Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear berganda terhadap 230 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus khusus terhadap produk sunscreen Wardah dan populasi mahasiswa UNP Kediri yang belum banyak dikaji dalam penelitian sebelumnya. Mahasiswa UNP Kediri dipandang relevan karena memiliki karakteristik beragam, seperti kebutuhan skincare akibat aktivitas luar ruangan, sensitivitas harga dan latar belakang ekonomi yang bervariasi. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku industri kosmetik lokal untuk memahami perilaku pembelian mahasiswa dan merancang strategi pemasaran yang efektif.

References

[1] Nasuha W. Penjualan Sunscreen di E-commerce Melesat Pesat di Kuartal I 2024: Capai 99% ke Level Rp424 Miliar. olenka beauty 2024.

[2] Daily F. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 35 PA +++ (Female Daily). Female Dly 2025.

[3] Mika M. REVIEW SUNSCREEN WARDAH UV SHIELD SPF 50 PA++++|| Bahas sampai kekurangannya. www.youtube.com; 2020.

[4] Padang A, Novita V, Sinambela M, Safaruddin, Fitri N. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett pada Mahasiswa Kota Medan. J Ris Manaj dan Ekon 2024;2:198–218. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i4.2462.

[5] Aikasari EP, Soeprajitno ED, Kurniawan R. ANALISIS KUALITAS PRODUK , PROMOSI DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SCARLETT MAHASISWA UNP 2024;3:523–32.

[6] Khasanah A, Hakimah EN, Kurniawan R. Analisis Kualitas Produk, Harga, dan Brand Abassador terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS Glow. Simp Manaj dan Bisnis 2022;1:543–51.

[7] Sari AJDP, Soedjoko DKH. Analisis Brand Image, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Loyalitas Konsumen Klinik Kecantikan Loris Kediri. Simp Manaj dan Bisnis 2024;3:947–55.

[8] Claryca Rosy Artika, Subagyo MWW. PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE LOKAL SOMETHINC 2024;Vol. 3:2962–2050.

[9] Antika R, Zulistiani, Raharjo IB. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan E-Worm terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening. Simp Manaj dan Bisnis 2024;3:249–58.

[10] Nisfaten PU, Martanti DE. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Study Kasus Pada Martha Tilaar Pontianak Selatan, Kalimantan Barat). JAHE - J Akunt Huk dan Edukasi 2024;1:735–44.

[11] Daily F. Wardah UV Shield Physical Sunscreen SPF 50/PA++++ (Female Daily). Female Dly 2025.

[12] Kusuma AC, Listyorini S, Hadi SP. Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image, dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Emina Cosmetics di Kota Semarang). J Ilmu Adm Bisnis 2022;11:118–26. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33528.

[13] Robiah DW, Nopiana M. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME J Manag 2022;5:433–41. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.235.

[14] Astutik VP, Sutedjo B. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek , dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms. Glow (Studi Kasus pada konsumen produk Skincare MS. GLOW di Kota Semarang). J-MAS (Jurnal Manaj dan Sains) 2022;7:1065–9. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.581.

[15] Hair JF, Black WC, Babin BJ, Anderson RE. Multivariate Data Analysis. 8 ed. Andover, Hampsire, United Kingdom: Cengage Learning; 2019.

[16] Tegowati, Martoatmodjo GW, Kalbuadi A, Ismail K, Idayati F, Rukmana AY, et al. Pengembangan Produk. 1 ed. Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah: Eureka Media Aksara; 2024.

[17] Firmansyah MA. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). 1 ed. Kota Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media; 2019.

[18] Kotler P, Kelller KL, Chernev A. Marketing Management. 16 ed. Harlow, England: 2022.

[19] Sugiyono. metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: 2023. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.

[20] Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. 10 ed. Semarang, Jawa Tengah: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2021.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Kuncoro, S. R. N., Zulistiani, & Kurniawan, R. . (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUNSCREEN WARDAH. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1298-1308. https://doi.org/10.29407/64z2kn10

Similar Articles

1-10 of 405

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>