PENGARUH 7T DAN ATMOSPHERE TOKO TERHADAP MINAT BELI DI TOKO SEMBAKO MADURA, DESA TULUNGREJO

Authors

  • Ayu Dwi Lestari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ema Nurzainul Hakimah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/1txynf04

Keywords:

Bisnis, Pemasaran, Ritel, Strategi 7T

Abstract

Penelitian ini fokus untuk menganalisis 7T dan store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada toko sembako Madura di desa Tulungrejo. Tujuan penelitian dilakukan yaitu menganalisis pengaruh elemen 7T pada kualitas barang, jumlah dan stok, waktu penyediaan barang, distribusi atau penyaluran barang, kemudian menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis metode asosiatif klausalitas dan survei, dengan responden pada penelitian ini yaitu siapa saja yang berbelanja di toko sembako Madura Desa Tulungrejo. Kebaruan penelitian ini dengan penelitian terdahulu adalah penelitian yang sekarang fokus pada toko sembako spesifik di desa yang lebih kecil serta fokus pada aspek manajemen toko, pengelolaan produk dan pengalaman berbelanja konsumen. Hasil penelitian adalah adanya pengaruh 7T terhadap kualitas produk yang tepat, jumlah stok yang tepat, waktu yang tepat, dan store atmosphere berpengaruh signifikan tehadap minat beli.

References

[1] Agustina, Geya Fajar, et al. “Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Di Pasar Tempurejo Kresek Kota Kediri.” Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, vol. 1, no. 6, 2023, hal. 184–98, https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i6.350.

[2] Aldo. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Konsumen.” Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, vol. 3, no. 2, 2023, hal. 1–10.

[3] Arniyah, Rina. Persaingan Usaha Toko Ritel Tradisional dan Toko Ritel Modern Di Desa Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel. no. 2, 2020, hal. 1–23.

[4] Daulay, MHD Ridho Mustaqim. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Telur Pada PT. Interma Trikencana Bersinar.” Skripsi, 2023.

[5] Hakimah, ema nurzainul, dan Basthomi Muslih. penerapan strategi 7T bisnis ritel dalam e-commerce (on-line shop) oleh swalayan golden sebagai media pemasaran. 2019.

[6] Iii. “Populasi, Sampling, dan Teknik Sampling.” jurnal Article, 2020, hal. 36–45.

[7] Jenni. “Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli pada Indogrosir Makassar.” Economic Bosowa Journal, vol. 8, no. 002, 2022, hal. 404–21.

[8] Mau, mone, et al. “Pengaruh Lokasi, Harga Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional (Pasar Maumere).” Jurnal Projemen UNIPA, vol. 10, no. 2, 2023, hal. 56–71, https://doi.org/10.59603/projemen.v10i2.29.

[9] Munthe, Winda Elsina. Pengaruh Keragaman Produk dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli pada Toko Atong Collection di Kota Medan. no. 1, 2022, hal. 1–79.

[10] Nadjib, R. dini kusuma anggraeni. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap kepuasan Konsumen Di Amare Cafe. 2024, hal. 53–56.

[11] Nikolaus. PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA PT. WAHANA KREASI HASIL KENCANA. no. 1F, 2021, hal. 1–96.

[12] Octa, Agus. strategi 7R berikut dapat meningkatkan penjualan ritel. 2021, https://distribusipemasaran.com/strategi-7r-meningkatkan-penjualan-ritel/.

[13] Octavia, Erica Devi. PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBALIAN MELALUI MINAT BELI HANDPHONE DI PASAR PONSEL MANUKAN SURABAYA BARAT. no. 1, 2023, hal. 1–23.

[14] Rohmah, Alifatur, et al. “Analisis Harga, Kualitas Produk dan Saluran Distribusi (Studi Kasus pada Konsumen Tenun Ikat ‘Xyz’ Jepara).” Jurnal EBBANK, vol. 10, no. 2, 2019, hal. 17–28.

[15] Rohman, et al. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat.” Jurnal Christian Humaniora, vol. 4, no. 1, 2024, hal. 47–63.

[16] Samari, Samari, dan Ema Nurzainul Hakimah. “Kajian Etnometodologi: Pola Pemasaran Berpihak Masyarakat Pedesaan Kediri Pada Ritel Tradisional.” Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, vol. 5, no. 1, 2020, hal. 95, https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i1.712.

[17] Sandala, Falian Daniel, et al. Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Cafe Di Sario Kecamatan Sario. 2021, hal. 1–23.

[18] Shobur, Achmad, et al. View of Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Rumah Makan Ganto Minang Jakarta.pdf. 2023, hal. 1–6.

[19] Steven. “Pengaruh Faktor Latar Belakang Terhadap Minat Beli Kosmetik Pada Laki-Laki.” Skripsi, 2019, hal. 14–23.

[20] Afifah, Ayu, dan Susi Damayanti. “Peran Rating Dan Review Terhadap Minat Beli Ayam Bakar Bu Emi Di Shopee Food.” Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis, vol. 2, 2023, hal. 1145–53.

[21] Ikfa Ni’matul Chusna Ningtias, et al. Pengaruh Influencer Endorse, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote Di Kota Kediri. 2024, hal. 134–43.

[22] Nastiti, Ayu Enggar, dan Susi Damayanti. “Simposium Manajemen dan Bisnis II Program Studi Manajemen-FEB UNP Kediri ‘RISKY SHAFIRA’ CUCI MOBIL DAN SEWA MOBIL NGANJUK).” Simposium Manajemen dan Bisnis II Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri, vol. 2, 2023, hal. 2023.

[23] Sopiah, dan Syihabudhin. Manajemen Bisnis Ritel. 2008.

[24] Suprihatin, Falentina, et al. Pengaruh kualitas pelayanan, harga,dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada bakso pak ndut kediri 1),2),3). 2024, hal. 1008–16.

[25] Nastiti, Ayu Enggar, dan Susi Damayanti. “Simposium Manajemen dan Bisnis II Program Studi Manajemen-FEB UNP Kediri ‘RISKY SHAFIRA’ CUCI MOBIL DAN SEWA MOBIL NGANJUK).” Simposium Manajemen dan Bisnis II Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri, vol. 2, 2023, hal. 2023.

[26] Hakimah. “Hakimah (2016).” Jurnal Nusantara Aplikasi Dan Bisnis, 2016.

[27] Amalia, Lahmirza Aula, et al. “STRATEGI PEMASARAN MELALUI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Ardana Studio).” Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, vol. 8, 2023, hal. 14–26.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Lestari, A. D., Hakimah, E. N., & Damayanti, S. (2025). PENGARUH 7T DAN ATMOSPHERE TOKO TERHADAP MINAT BELI DI TOKO SEMBAKO MADURA, DESA TULUNGREJO. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 887-896. https://doi.org/10.29407/1txynf04

Similar Articles

1-10 of 200

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>